Begini Penampakan Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 12:20 WIB
Kabar duka menyelimuti dunia kedokteran di Surabaya. Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA (K) meninggal dunia.
Cahaya yang terekam di atas Gunung Raung/Foto: Istimewa (dok.PPGA Raung)
Banyuwangi -

Ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung.

Warga melihat kilatan cahaya itu berwarna hijau dengan durasi 10 detik. Kilatan cahaya terlihat oleh warga sekira pukul 20.00 WIB, Jumat (4/6/2021). Kilatan itu terlihat di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

"Saya melihat kilatan cahaya berwarna hijau. Sekitar 10 detik," ujar Syamsul, warga Kalibaru kepada wartawan, Sabtu (5/6/2021).

Ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung.Kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung/ Foto: Tangkapan Layar

Karena begitu cepat, dirinya tak sempat mengabadikan cahaya yang melintas di sekitar Gunung Raung itu. "Ya ndak sempat. Karena cepat lagian HP saya jadul," tambahnya.

Sementara itu, kilatan cahaya yang terekam di CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung hanya berdurasi kurang dari 1 detik. Seperti yang disampaikan Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo.

"Kurang dari 1 detik, cuma sekilas sekejap," ujarnya kepada detikcom.

Terkait warna cahaya, kata Mukijo, tidak begitu jelas. Sebab gambar yang terekam CCTV tidak begitu jelas.

"Warnanya sesuai dengan yang terekam itu. Karena kita tidak melihat langsung. Ya nggak tau warnanya rekaman CCTV malam sudah ndak jelas foto juga ngeblur ndak tajam sudah pecah," pungkasnya.

Lihat juga Video: Kilatan Cahaya Mirip Meteor Jatuh di Puncak Merapi

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)