Dentuman yang Sertai Kilatan Cahaya di Gunung Raung Sempat Dikira Gempa

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 10:42 WIB
Ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung.
Cahaya di atas Gunung Raung/Foto: Tangkapan Layar
Bondowoso -

Suara dentuman dan kilatan cahaya di atas Gunung Raung dirasakan warga Bondowoso. Warga sempat menduga dentuman itu merupakan akibat dari gempa bumi.

"Semula saya kira ada gempa bumi. Selain dinding, kaca-kaca juga sempat bergetar," kata Mohamad, warga Sumberwringin kepada detikcom, Sabtu (5/6/2021).

Tak hanya itu, imbuhnya, sejumlah warga juga sempat melihat kilatan cahaya mirip geledek. Kendati tak diketahui dari mana asalnya, yang tampak hanya langit terang sekejap.

"Tetangga yang kebetulan ada di dalam musala pada keluar semua. Dikira gempa bumi. Juga ada yang mendengar gelegar suara," tukas Mohamad.

Sementara warga Prajekan sempat mendengar gelegar atau dentuman suara yang cukup keras. Selain ada getaran mirip gempa bumi.

"Pas saya santai sekitar pukul delapanan, mendadak ada dentuman. Wong anak saya saja sampai lari ketakutan," kata Ayu, seorang warga Prajekan.

Diberitakan sebelumnya, ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung. Kilatan cahaya tersebut terekam pada Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 19.51 WIB.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo membenarkan adanya kilatan cahaya di atas Gunung Raung. "Memang benar ada kilatan di atas Gunung Raung. Itu terekam dalam CCTV kami," ujarnya.

Lihat juga Video: LAPAN Duga Dentuman Buleleng Bali Berasal dari Meteor Jatuh

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)