BPBD Bondowoso Cari Tahu Asal Dentuman yang Sertai Kilatan Cahaya di Raung

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 09:58 WIB
Ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung.
Cahaya di atas Gunung Raung/Foto: Tangkapan Layar
Bondowoso -

Suara dentuman dan kilatan cahaya di atas Gunung Raung dirasakan warga Bondowoso dan kini viral di medsos. BPBD setempat mengerahkan tim untuk mencari tahu asal dentuman tersebut.

"Memang tadi malam itu banyak warga yang menginformasikan adanya suara itu," kata Plt Kepala BPBD Bondowoso, Adi Sunaryadi kepada detikcom, Sabtu (5/6/2021).

Lebih jauh ia menjelaskan, saat ini koordinasi terus dilakukan dengan Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Gunung Raung, untuk mencari tahu asal suara tersebut.

"Informasi sementara, suara gelegar itu sepertinya bukan dari Gunung Raung. Karena Gunung Raung saat ini dalam status normal," terang Adi.

Ia mengaku, saat ini pihaknya juga berkoordinasi dengan stakeholder lainnya. Bahkan, tim reaksi cepat (TRC) juga disebar ke berbagai sudut di Bondowoso untuk mencari tau muasal suara dentuman tersebut.

Suara dentuman terdengar di daerah Prajekan, Bondowoso, dan sekitarnya. Akibatnya, warga berhamburan keluar rumah untuk mencari tau muasalnya.

Bukan hanya di Prajekan dan sekitarnya. Tapi di beberapa wilayah lainnya. Di antaranya Sumberwringin, Sukosari, Tapen, serta sejumlah wilayah lain di sekitarnya.

"Pas saya santai sekitar pukul delapanan (malam), mendadak ada dentuman. Wong anak saya saja sampai lari ketakutan," kata Ayu, seorang warga Prajekan, saat dihubungi detikcom, Jumat (4/6/2021).

Ditambahkan Ayu, bukan hanya dirinya yang mendengar suara itu. Tapi warga sekitarnya juga mendengar. Kendati tak ada yang bisa memastikan asal suara tersebut.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo membenarkan adanya kilatan cahaya di atas Gunung Raung. "Memang benar ada kilatan di atas Gunung Raung. Itu terekam dalam CCTV kami," ujarnya.

Tonton juga Video: LAPAN Duga Dentuman Buleleng Bali Berasal dari Meteor Jatuh

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)