Potensi Tsunami Selatan Jatim, Pacitan Siapkan Tempat Evakuasi dan Edukasi

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 15:49 WIB
Potensi Tsunami Selatan Jatim, Pacitan Siapkan Tempat Evakuasi dan Beri Edukasi Warga
Bupati pantau pesisir Pantai Pancer Door Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

BMKG merilis informasi terkait potensi tsunami di 8 wilayah di Jatim. Salah satunya Kabupaten Pacitan. Daerah berjuluk 1001 Gua itu pun memastikan warga yang tinggal di kawasan rawan siap siaga.

Pemerintah daerah juga sudah menyiapkan sejumlah lokasi pengungsian. Umumnya berupa perbukitan dengan jarak relatif dekat dengan permukiman. Akses menuju titik pengungsian juga dipastikan cukup memadai.

"Sebetulnya kita sudah punya shelter-shelter alami dengan perbukitan yang ada," kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di sela meninjau Pantai Pancer Door, Jumat (4/6/2021).

Aji, sapaan akrab Indrata Nur Bayuaji, pun mencontohkan Kecamatan Kota sebagai salah satu daerah rawan. Hal itu karena posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia.

Dari belasan desa dan kelurahan yang ada semuanya memiliki akses langsung ke titik pengungsian. Jaraknya pun cukup dekat sehingga dapat ditempuh dalam tempo kurang dari 20 menit.

"Jadi yang sudah kita siapkan sejak lama itu adalah menyiapkan jalur dan mengedukasi masyarakat," papar pria yang pernah menjabat Ketua DPRD tersebut.

Bupati Aji kembali mengimbau masyarakat tetap tenang soal tsunami Jawa Timur. Sebab hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat meramalkan kapan terjadi gempa. Di sisi lain kesiapsiagaan harus ditingkatkan mengacu prosedur mitigasi yang ada.

"Masyarakat kita terutama yang tinggal di pesisir sudah paham gejala-gejala alam yang ada. Jadi nilai semacam itu harus kita jaga sebagai wujud kearifan lokal dalam rangka mitigasi bencana," tandasnya.

(fat/fat)