9 Desa di Tepi Pantai Lumajang Ini Wajib Waspadai Potensi Tsunami 15 Meter

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 15:22 WIB
Kabupaten Lumajang masuk 8 kabupaten yang rawan mengalami tsunami Jawa Timur. BPBD Lumajang menyebut ada 9 desa di 5 kecamatan waspadai potensi tsunami ini.
Pesisir Lumajang rawan tsunami (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Kabupaten Lumajang masuk 8 kabupaten yang rawan mengalami tsunami Jawa Timur. Khususnya di selatan Jawa.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengaku tercatat ada 9 desa di 5 kecamatan yang berada di tepi pantai selatan Pulau Jawa patut mewaspadai potensi tsunami ini.

Ke-9 desa itu yakni Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun, Desa Jatimulyo Kecamatan Kunir, Desa Pandanwangi, Pandanarum Kecamatan Tempeh, Desa Selok Anyar, Desa Selok Awar-awar, Desa Bades Kecamatan Pasirian dan Desa Bulurejo, Desa Tegalrejo Kecamatan Tempursari.

"Di Kabupaten Lumajang daerah yang rawan tsunami sepanjang 70 KM mulai dari Kecamatan Yosowilangun hingga Tempursari. Terdapat 9 desa yang berada di tepi pantai," ujar Wawan kepada detikcom, Jumat (4/6/2021).

Kondisi ke-9 desa tersebut flat atau datar dari tepi pantai. Meski begitu pihaknya meminta masyarakat tidak perlu panik.

"Tapi masyarakat tidak perlu panik tetap beraktivitas seperti biasa. Namun kami mengimbau meningkatkan kewaspadaan saat terjadi gempa di atas M 6 yang berpotensi tsunami," pungkas Wawan.

Simak juga Video: BMKG: 2021, Gempa Bumi di RI Rata-rata Satu Bulan 600-an

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)