Marinir Indonesia dan Amerika Serikat Latihan Bersama di Situbondo

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 20:53 WIB
marinir latihan di banyuwangi
Latihan bersama Marinir Indonesia dan Amerika Serikat (Foto: Dok. Marinir TNI AL)
Banyuwangi -

Prajurit Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir TNI AL dengan United States Marines Corps (USMC) menggelar latihan bersama. Latihan bersama setiap dua tahun sekali antara Korps Marinir TNI AL dan USMC ini sebagai implementasi kesepakatan antara pemerintah RI dengan pemerintah Amerika Serikat untuk memperkuat kerjasama bilateral bidang pertahanan.

Melalui keterangan pers yang diterima detikcom, kegiatan latihan yang dengan sandi Reconex 21-II bakal di gelar sejak tanggal 3 - 17 Juni 2021 mendatang. Ada dua lokasi latihan. Yakni di Puslatpurmar 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo dan Puslatpurmar 7 Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur.

Hadir dalam acara pembukaan, Wakil Komandan Pasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo mewakili Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono. Selain itu, Staf Ahli Dankormar Bidang Kersamil Kolonel Marinir Didit, Pabanren Sops Kormar Letkol Mar Ukki, Komandan PLP 5 Baluran Letkol Mar Agus Wahyudi, Komandan PLP 7 Lampon Letkol Mar Dodik Eko, Atase USMC Letkol USMC Lee, Pabandya Ops Kormar Mayor Mar Aristoyudo dan Kasubsilatmar Disopslatal Mayor Mar Halley.

"Ada 171 personel dengan rincian 156 personel dari Korps Marinir TNI AL (Taifib) dan 15 personel USMC yang digelar di Puslatpurmar Baluran, Situbondo dan Puslatpurmar Lampon, Banyuwangi. Nanti dipimpin Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Letkol Marinir Supriyono selaku Komandan Satgas Latihan," ujar Wakil Komandan Pasmar 2 Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo, usai membuka acara Latma Reconex 21-II di Puslatpurmar 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (03/06/2021).

Latma Reconex 21-II, lanjutnya, merupakan serial pertama antara Korps Marinir TNI Angkatan Laut bersama USMC yang melibatkan satuan Intai Amfibi Marinir dengan Reconnaissance Unit dengan materi mengenai operasi intai amfibi.

Latihan bersama ini, tambahnya, dibagi menjadi dua tingkat yaitu Reconex 21-I Team Level yang dilaksanakan di Camp Pendelton Amerika Serikat dan Reconex 21-II Platoon Level yang dilaksanakan di Puslatpurmar 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo dan Puslatpurmar 7 Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur.

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan USMC Reconnaissance Unit melalui latihan teknis dan taktis serta latihan satuan setingkat peleton dengan fokus pada operasi intai amfibi," jelasnya.

Sementara untuk materi latihan yang menitikberatkan pada pelaksanaan operasi intai di tingkat peleton pada operasi amfibi. Ini akan menjadi suatu pelajaran, pengetahuan serta pengalaman baru bagi prajurit Taifib Marinir, guna mewujudkan prajurit Taifib Marinir yang handal, tangguh serta profesional dalam melaksanakan operasi intai amfibi.

"Kita harapkan dalam latihan ini, dapat saling berbagi taktik dan strategi tempur demi meningkatkan profesionalisme prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut khususnya prajurit Intai Amfibi Marinir. Selain itu juga untuk mendapatkan mutual trust dan mutual understanding serta meningkatkan interoperability dan capability bersama antara Korps Marinir dan USMC," pungkasnya.

(iwd/iwd)