Calon Jemaah Haji Surabaya Ikhlas Gagal Berangkat Meski Sudah Beli Oleh-oleh

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 20:32 WIB
Calon jemaah haji Indonesia harus kembali bersabar. Sebab, Kementerian Agama mengumumkan bahwa Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji 2021 ke Tanah Suci.
Calon jemaah haji Surabaya, Beta Wiludjeng (64)/Foto: Amir Baihaqi/detikcom
Surabaya -

Keinginan Beta Wiludjeng (64) untuk menunaikan ibadah haji kembali tertunda. Ia mengaku telah 10 tahun menanti untuk menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Meski tidak kecewa, namun warga Gunungsari, Surabaya ini mengaku sedih. Sebab ia awalnya optimis bisa berangkat tahun ini setelah divaksin. Namun ternyata harus kembali bersabar.

Bahkan, menurut Beta, ia telah membeli berbagai oleh-oleh untuk tetangga dan teman-teman di kelompok pengajiannya. Oleh-oleh itu ia beli dan kumpulkan sejak 2020.

"Harusnya berangkat 2020. Tapi ditunda dan katanya berangkat di haji 2021 tapi kembali batal," kata Beta saat ditemui di rumahnya, Kamis (3/6/2021).

"Sudah beli semua termasuk oleh-oleh yang saya beli sejak tahun kemarin. Ada sajadah, kerudung, karpet untuk tetangga dan teman pengajian," ujar Beta.

Beta kemudian menuturkan, penantian untuk menunaikan ibadah haji bukan sebentar. Sebab ia sudah mendaftar dan antre sejak 2011.

"Kalau daftarnya itu 2011. Waktu itu saya daftar Rp 25 juta. Terus baru dapat kursi dan akan berangkat 2020. Tapi kan batal. Nah ini kembali batal. Jadi sudah 10 tahun," tuturnya.

Meski begitu, lanjut Beta, ia hanya bisa ikhlas dengan keputusan pemerintah. Sebab ia dan jemaah lainnya juga menyadari jika kondisinya belum memungkinkan karena pandemi COVID-19 belum reda.

"Ya calon jemaah juga sama seperti itu. Ya itu harus ikhlas. Ya kalau kecewa ya gak. Kita manut memang kondisinya kayak gini," lanjut Beta.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan Indonesia tidak memberangkatkan haji 2021.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," kata Menag Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di akun Instagram Kementerian Agama, Kamis (3/6/2021).

(sun/bdh)