Giliran Pelaku Wisata di Banyuwangi Divaksin, Pelaksanaan Digelar Drive Thru

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 14:31 WIB
Pelaku Wisata di Banyuwangi Bisa Suntin Vaksin Secara Drive Thru
Vaksinasi sasar pelaku pariwisata (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Giliran pelaku pariwisata di Banyuwangi mendapat vaksinasi COVID-19 massal. Harapannya, ikhtiar ini bisa memulihkan ekonomi daerah di bidang sektor pariwisata. Vaksinasi ini digelar drive thru.

Vaksinasi bagi pelaku pariwisata ini dipusatkan di GOR Tawangalun Banyuwangi, Kamis (3/6/2021). Dalam vaksinasi tersebut, pemkab menyasar 1700 pelaku pariwisata. Mulai dari pengelola destinasi, hingga pengusaha hotel dan restoran berserta karyawannya.

Mereka tak perlu mengantre dan turun dari kendaraan. Mereka hanya menunggu di kendaraan yang mereka tumpangi. Kebanyakan mereka menggunakan kendaraan roda dua.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, suntik vaksinasi terhadap para pelaku wisata ini sengaja menggunakan sistem drive thru karena tak menimbulkan antrean yang panjang. Selain itu lebih cepat, dan para pelaku wisata tersebut bisa segera kembali melakukan tugasnya.

"Drive thru kita anggap praktis karena tak perlu turun dari kendaraan, meski melalui tahapan yang sama, tapi prosesnya cepat," jelasnya.

Kegiatan vaksinasi bakal digelar selama 4 hari, mulai 3-6 Juni 2021. Per hari, ditargetkan sebanyak 400 pelaku pariwisata divaksinasi.