Pemilik Sekolah di Batu Disebut Terancam Hukuman Seumur Hidup hingga Kebiri

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 17:55 WIB
Komnas PA Laporkan Pemilik Sekolah SPI Batu Lecehkan Belasan Murid
Komnas PA saat di Polda Jatim (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Pemilik sekolah SPI di Kota Batu berinisial JE, dilaporkan dugaan kasus kekerasan seksual, kekerasan fisik hingga eksploitasi ekonomi anak didiknya. Komnas Perlindungan Anak (PA) menyebut JE bisa terancam hukuman seumur hidup hingga kebiri kimia.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan apa yang dilakukan JE merupakan kejahatan luar biasa atau extraordinary crime. Untuk itu, Arist menyebut JE cocok mendapat hukuman setimpal.

"Terduga pelaku JE bisa dikenakan pasal berlapis dan karena ini merupakan kejahatan luar biasa atau extraordinary crime, maka Komnas PA patut untuk melaporkan itu ke Polda Jatim supaya diperiksa kebenarannya karena sampai hari ini statusnya masih terduga," kata Arist saat dihubungi detikcom di Surabaya, Rabu (2/6/2021).

"Oleh karena itu kita serahkan kepada pihak kepolisian, karena ini merupakan extraordinary crime, kejahatan yang bisa diancam seumur hidup, bahkan bisa dikenakan PP No 70 tahun 2020 tentang kebiri," lanjutnya.

Selain itu, Arist menyebut ada kemungkinan korban bisa bertambah. Karena, pihaknya melaporkan tiga hal terkait kekerasan seksual, kekerasan fisik hingga eksploitasi ekonomi.

"Saya kira masih terus didata, tapi dari 12 yang diperiksa itu sebagian ada yang kekerasan ekonomi dipekerjakan. Tapi ada juga yang kekerasan seksual," ungkap Arist.

Lihat juga Video: Oknum Lurah Tanjungpinang Jadi Tersangka Pencabulan Anak di Bawah Umur!

[Gambas:Video 20detik]