Ngantor di Desa, Bupati Ipuk Bareng Warga Masak Resep Bung Karno

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 14:14 WIB
bupati ipuk
Bupati Ipuk memasak bersama warga dengan resep warisan Bung Karno (Foto: Ardian Fanani)
Rita, warga Desa Singolatren, mengatakan, baru tahu jika Bung Karno pernah mendokumentasikan beragam kekayaan kuliner tradisional dari berbagai daerah di Tanah Air.

"Saya baru tahu, alhamdulillah senang sekali bisa tahu dan mengenal resep-resep kuliner. Ini bisa menjadi inspirasi saya untuk menambah jualan di warung," ujar Rita yang mengelola warung di desanya.

Dia lantas bercerita pengalamannya memasak resep kuliner warisan Bung Karno.

"Ini jantung pisangnya harus dibakar, diambil kulitnya yang gosong lalu dipotong-potong. Ini saya ikuti panduan di buku resep Mustika Rasa," kata Rita menceritakan pengalaman memasak sayur lodeh jantung pisang khas buku 'Mustika Rasa'.

"Pisangnya harus jenis pisang kepok," imbuh Rita.

Sudarti, warga lainnya, juga mengaku senang bisa memasak dari hasil dokumentasi resep kuliner tradisional yang diinisiasi Bung Karno.

"Ada resepnya, harus begini, misal tadi sayur lodehnya dijelaskan dari jenis pisangnya sampai bumbu-bumbunya," ujarnya.

Ipuk menambahkan, buku 'Mustika Rasa' ini menginspirasinya untuk terus mengembangkan kuliner tradisional Banyuwangi, seperti rujak soto, nasi tempong, geseng entok, bagiak, dan sebagainya.

"Saya terinspirasi bagaimana menghadirkan panduan memasak yang detil seperti di buku Mustika Rasa. Ini bisa dikembangkan di warung-warung agar kualitas rasanya semakin mantap," tandasnya.


(iwd/iwd)