Maling Motor di Kota Probolinggo Lempar Bondet Saat Dikejar Massa

M Rofiq - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 13:02 WIB
Seorang pria kepergok warga saat hendak maling motor di Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Maling itu lalu melempar bondet saat dikejar massa.
Warga menunjuk jejak pengejaran seorang maling motor/Foto: M Rofiq/detikcom
Probolinggo -

Seorang pria kepergok warga saat hendak maling motor di Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Maling itu lalu melempar bondet saat dikejar massa.

"Melihat pelaku masuk rumah pakai teropong, sama keluarga dikejar sambil diteriaki maling. Warga berdatangan bantu kejar pelaku," ujar salah seorang warga Kelurahan Jrebeng Kidul, Holil (50), Rabu (3/6/2021).

"Merasa terjepit, pelaku melempar bondet ke warga. Dua kali lempar bondet di area makam, kembali pelaku lempar bondet di jalan area Wisata Sumber Sentong, dan 1 bondet milik pelaku tidak meledak," imbuhnya.

Pelaku masuk rumah Supia (45) lewat pintu depan yang tidak ditutup sekitar pukul 05.00 WIB. Pelaku hendak mencuri motor sport bernopol N 6493 QX, yang diparkir di ruang tamu. Aksi pelaku kepergok korban. Korban berteriak dan pelaku kabur.

Pelaku sempat terkepung, namun saat hendak ditangkap, pelaku langsung mengeluarkan bondet sebesar bola pimpong. Bondet dilempar ke arah warga. Warga mendengar ledakan dan langsung mundur. Mereka membiarkan pelaku kabur ke arah barat.

Bondet yang tidak meledak akhirnya dimusnahkan oleh warga dengan cara diledakkan. Mendapat laporan dari warga, pihak kepolisian langsung mendatangi lokasi kejadian, dan melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Polisi juga meminta keterangan saksi yang melihat langsung wajah dan ciri-ciri pelaku, untuk bahan penyelidikan.

"Benar ada pelaku pencurian masuk rumah warga, yang saat itu pintunya tidak ditutup. Belum sempat ambil motor korban, karena pelaku terlebih dulu diketahui aksinya. Dan pelaku kabur karena dikejar massa. Pelaku terjepit melempar benda yang bisa meledak, entah bondet atau petasan. Kita masih lidik mendalam kasus ini," kata Kapolsek Wonoasih, Kompol Khuzaini.

Polisi mengimbau warga lebih waspada. Warga diharapkan bisa melakukan Poskamling secara bergantian, agar kampung lebih aman.

Lihat juga video 'Maling Motor di Purwakarta Babak Belur Dihajar Massa':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)