Gunting Kabel Tersambung Stop Kontak, Balita di Blitar Tewas Tersetrum

Erliana Riady - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 21:29 WIB
balita tewas tersetrum
Rumah orang tua korban (Foto: Dok. Polres Blitar)
Blitar -

Seorang balita yang lepas pengawasan tewas tersetrum. Korban ditemukan menggunting kabel yang tersambung stop kontak.

Peristiwa memilukan ini menimpa PR (5) warga Desa Darungan Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Menurut keterangan saksi Mariono kepada polisi, sekitar pukul 12.00 WIB, Mariono saat itu sedang berada di ruang dapur bersama korban dan orang tuanya.

Mariono yang masih kerabat keluarga itu kemudian menyuruh korban untuk tidur bersama orang tuanya. Kemudian korban dan orang tuanya pergi ke ruang depan. Selanjutnya Mariono melanjutkan aktivitasnya memasang kunci pintu ruang dapur.

Setelah selesai memperbaiki kunci pintu, Mariono melihat korban sudah telentang di ruang tengah dengan posisi tidak bergerak. Mariono lalu berteriak keras sehingga orang tua korban terbangun.

Orang tua korban langsung membopong korban dan mariono dengan cepat melepas kabel yang tersambung dengan stop kontak. Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Kademangan.

"Pada pukul 12.30 WIB korban dibawa ke puskesmas. Pada saat dilakukan pemeriksaan di puskesmas, korban sudah meninggal dunia," jelas Kasubag Humas Polres Blitar AKP Imam Subechi dikonfirmasi detikcom, Senin (31/5/2021).

Korban mengalami luka jari jempol dan telunjuk tangan kanan luka gosong dan lecet. Sementara di lokasi kejadian, polisi menemukan barang bukti satu gunting kecil dan satu set kabel oloran.

"Hasil pemeriksaan tim medis, korban meninggal karena tersengat listrik. Ini juga didukung barang bukti yang ada di lokasi kejadian. Jadi korban memakai gunting kecil itu menggunting kabel yang tersambung stok kontak sehingga kesetrum," pungkasnya.

Subechi menghimbau agar orang tua lebih awas memantau segala kegiatan anak. Apalagi yang masih balita. Karena lepasnya pengawasan orang tua bisa berakibat hilangnya nyawa sang balita.

(iwd/iwd)