Banjir Rob Sapu Pantai Cacalan Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 17:50 WIB
Pantai Cacalan Banyuwangi
Pantai Cacalan Banyuwangi diterjang ombak tinggi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Banjir rob terjadi di destinasi wisata, Pantai Cacalan Banyuwangi. Banjir rob ini diduga terjadi karena imbas dari adanya gerhana bulan total beberapa waktu lalu. Gelombang tinggi juga menerjang beberapa perairan di Banyuwangi.

Air naik dan terjadi rob di pantai yang berada di Lingkungan Tanjung, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Jumat (28/5/2021). Ombak tinggi datang sekitar pukul 10.00 WIB menghantam sejumlah bangunan. Bahkan membuat kursi di los warung setempat berserakan.

Kejadian ini, juga membuat bangunan sisi pantai hancur. Terlihat sejumlah pohon mangrove pantai juga tersapu. Tak hanya itu, batu pemecah ombak di tempat ini juga rusak.

"Ombak sedang tinggi beberapa hari ini. Sekitar 3 hari ini sudah banyak yang rusak. Mulai kursi hingga meja. Ada pula mangrove dan pemecah ombak," ujar Awan, pengurus destinasi wisata Pantai Cacalan.

Meski demikian, sementara lokasi wisata tidak ditutup. Melainkan, pengunjung diminta untuk tetap waspada.

"Ya, kita sudah dapat imbauan dari BPBD, BMKG terkait informasi ini. Kita juga mengimbau kepada pengunjung untuk tetap waspada," katanya.

Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram membenarkan adanya kenaikan tinggi air laut di sekitar perairan. Namun tidak sampai merugikan warga atau masuk di lingkungan rumah warga.

"Memang benar kalau ada kenaikan permukaan air. Bahkan di beberapa lokasi juga ada ombak setinggi 4 meter. Tapi di wilayah selatan Banyuwangi," tambahnya.

Eka mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai untuk waspada. Sebab diperkirakan banjir rob dan kenaikan permukaan air akan terjadi sewaktu-waktu.

"Untuk sementara masih aman. Tidak sampai masuk ke rumah warga," pungkasnya.

(fat/fat)