Sejumlah Daerah di Jatim Diguyur Hujan Saat Kemarau, Ini Penyebabnya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 11:40 WIB
Ilustrasi hujan
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Surabaya -

Sejumlah daerah di Jatim masih kerap diguyur hujan saat kemarau. Seperti Sidoarjo hingga Surabaya yang hari ini diguyur hujan.

Prakirawan BMKG Klas I Juanda Surabaya Luthfi mengatakan, ada sejumlah hal yang menjadi penyebab turunnya hujan di masa kemarau. Salah satunya karena dampak fenomena gelombang rossby ekuator.

"Hujan yang terjadi di beberapa wilayah di Jawa Timur sejak 23 Mei dikarenakan adanya fenomena gelombang equatorial rosby," kata Luthfi saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Jumat (28/5/2021).

Luthfi memaparkan, equatorial rossby waves atau gelombang rossby ekuator merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat di sepanjang wilayah ekuator. Tepatnya di 20 lintang utara hingga 20 lintang selatan dengan periode kurang dari 72 hari.

"Gelombang rossby umumnya bisa bertahan 7 hingga 10 hari di wilayah Indonesia," tambah Luthfi.

Di kesempatan yang sama Luthfi menyebut, gelombang rossby diprakirakan akan berada di Pulau Jawa hingga 30 Mei mendatang.

"Keberadaan gelombang rossby masih akan terus berada khususnya di wilayah Pulau Jawa hingga tanggal 30 Mei. Hal ini berdasarkan update pantauan hari ini," pungkasnya.

(sun/bdh)