Round-Up

Akal-akalan Pria Ini Ngaku Keluarga Mantan Kapolri hingga Tipu Kades Rp 4,7 M

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 07:53 WIB
Kades di Jember Ditipu Rp 4,7 M oleh Pria Mengaku Keluarga Mantan Kapolri
Pelaku penipuan mengaku keluarga mantan kapolri (Foto file: Yakub Mulyono/detikcom)
Surabaya -

KadesLojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, M Soleh tertipu hingga Rp 4,7 Miliar saat akan memasukkan anaknya masuk Akpol. Pelaku penipuan yakni Fitroni Ramadhani alias Gus Dani (39).

Modusnya, Gus Dani mengaku sebagai keluarga mantan Kapolri Jenderal Pol Purnawirawan Badrodin Haiti.

"Tersangka Gus Dani ini mengaku sebagai family dari mantan Kapolri Jenderal Polisi Purnawirawan Badrodin Haiti. Namun setelah ditelusuri, ternyata keluarga bapak Badrodin Haiti menegaskan tidak ada hubungan keluarga dengan tersangka Gus Dani ini," kata Wakapolres Jember Kompol Kadek Ary Mahardika, Kamis (27/5/2021).

Selain itu, modus penipuan warga Dusun Teko'an, Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, ini dengan menjanjikan korban bisa menjadi Komisaris di pabrik semen PT Imasco, Puger, Jember.

Untuk memuluskan aksinya, tersangka juga mengajak satu tersangka lainnya yakni Ahmad Riyadi Setyoaji Prabowo (52) warga Desa/Kecamatan Kencong. Ahmad memiliki wajah yang mirip dengan Badrodin Haiti.

"Tersangka Gus Dani ini menyuruh rekannya AR (Ahmad Riyadi) untuk berperan sebagai mantan Kapolri bapak Badrodin Haiti," jelas Kadek.

Korban yang percaya dengan omongan tersangka penipuan di Jember, akhirnya menyerahkan uang sebanyak Rp 4,7 Miliar secara bertahap daalm setahun.

"Uang itu sebagian diserahkan secara tunai, transfer sebanyak 7 kali dan transfer melalui m-banking 5 kali," kata Kadek.

Kepada detikcom, M Sholeh mengaku baru menjabat sebagai kades satu tahun. Uang-uang itu didapat dari usahanya sebelum menjadi kades.

Lihat juga video 'Modus Bos Arisan Lebaran Tipu Emak-emak hingga Rp 1 M':

[Gambas:Video 20detik]