Kerukunan Beragama di Perayaan Waisak Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 21:09 WIB
Kerukunan Beragama di Perayaan Waisak Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Kepolisian Sektor dan TNI di Pesanggaran bekerja sama mengamankan Puja Bakti Waisak atau ibadah saat merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak. Banser, Persatuan Pemuda Hindu, dan Persatuan Pemuda Kristen pun bahu membahu mengamankan kegiatan tersebut.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan di beberapa vihara yang ada di wilayah Kecamatan Pesanggaran. Salah satunya di Vihara Dhamma Kerti Dusun Rejoagung, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Rabu (26/5/2021).

Ketua FKUB Kecamatan Pesanggaran, Hasyim Ali mengatakan, FKUB menerjunkan tim keamanan gabungan terdiri dari Banser, Persatuan Pemuda Hindu, dan Persatuan Pemuda Kristen. Setiap kelompok mendelegasikan empat anggotanya untuk ikut mengamankan jalannya ibadah Waisak. Sementara itu, Polsek Pesanggaran mengirim tiga personel untuk bergabung dalam tim pengamanan.

"Kegiatan pengamanan bersama ini merupakan hasil musyawarah antara FKUB dengan tokoh lintas agama pada 11 Mei 2021 yang digelar di Pura Tirta Purwa Buwana Pesanggaran. Secara bergantian. Kalau awal bulan lalu umat Islam dan untuk hari ini gantian umat Buddha," katanya kepada wartawan.

Selain membantu keamanan, tim gabungan ini membantu kegiatan protokol kesehatan. Di antaranya membantu memberikan hand sanitizer dan mengecek suhu badan setiap jemaat yang akan memasuki komplek vihara.

"Ini merupakan salah satu bentuk bantuan yang kami berikan," ujar Andi Purnomo, salah satu perwakilan pemuda Hindu Pesanggaran.

Sementara, Ketua Ansor Pesanggaran, Abdul Rohman, menyatakan bahwa pada kegiatan saat ini, Banser tidak bisa dikerahkan secara penuh.

"Kita membagi anggota menjadi dua. Pertama untuk menjaga keamanan dan yang kedua melanjutkan kegiatan roan (kerja bakti)," jawabnya.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengucapkan terima kasih kepada umat beragama di wilayah Pesanggaran. Kerukunan antar umat beragama di wilayah itu sangat membantu menciptakan kondisi aman dan nyaman masyarakat.

"Tentu ini menjadi sebuah dasar hidup masyarakat. Kerukunan beragama terus dipupuk, sehingga hal ini menghindari aksi terorisme. Kita harapkan daerah ini menjadi percontohan kegiatan kerukunan Beragama," pungkasnya.

(fat/fat)