Ibadah Umat Buddha di Surabaya Dibatasi dan Patuh Protokol Kesehatan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 14:03 WIB
Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2021 di Surabaya berlangsung sederhana. Jumlah umat yang datang di viraha pun dibatasi.
Ibadah Hari Waisak dibatasi (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2021 di Surabaya berlangsung sederhana. Jumlah umat yang datang di viraha pun dibatasi. Hal ini dikarenakan masa pandemi COVID-19.

Hal ini terjadi Vihara Buddhayana Dharmawira center (BDC) di Jalan Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo, Rabu (26/5/2021). Upacara peringatan pun digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Tidak hanya melakukan pembatasan, panitia juga mengharuskan pengunjung yang akan beribadah untuk mendaftarkan terlebih dahulu. Saat ibadah berlangsung mereka juga terlihat menggunakan masker dan jaga jarak. Acara ibadah juga digelar secara secara virtual.

Sekertaris Wilayah Sangha Agung Indonesia Wilayah Jawa Timur dan Bali, Biksu Dharma Maitri Mahathera mengatakan pelaksanaan ibadah dalam rangka Tri Suci Waisak di Vihara BDC ini, umat harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Umat harus menerapkan protokol secara ketat. Dengan diharapkan pandemi (COVID-19) tidak menjadi-jadi setelah perayaan nanti," kata Biksu Dharma Maitri Mahathera kepada wartawan di Vihara GDC Jalan Panjang Jiwo, Rabu (26/5/2021).

Diakui Biksu Dharma Maitri Mahathera para umat buddha yang akan mengikuti ibadah di Vihara BDC Jalan Panjang Jiwo, terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke panitia.