Gerhana Bulan, Ibu Hamil di Sidoarjo Ritual Ini Agar Anaknya Lahir Selamat

Suparno - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 20:39 WIB
Gerhana Bulan, Ibu Hamil di Sidoarjo Lakukan Ritual ini Berharap Anaknya Lahir Selamat
Tradisi gerhana bulan total di Sidoarjo (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Mitos datangnya buto ijo atau makhluk gaib raksasa yang memangsa janin para ibu hamil saat gerhana, masih melekat di sebagian masyarakat Jawa. Saat gerhana terjadi, para perempuan hamil biasanya menggelar sejumlah tradisi.

Misalnya beberapa ibu hamil di Sidoarjo yang menyambut fenomena gerhana bulan total atau super blood moon dengan ritual khusus. Hal ini dilakukan sembari berharap ibu dan bayinya bisa diberikan kelancaran dan kesehatan saat kelahiran nanti.

Salah satunya Vinda Ayu Lestari (29), warga Porong yang sedang hamil anak kedua. Vinda melakukan ritual mandi keramas saat gerhana bulan total. Setelah mandi keramas, Vinda keluar rumah dan mengeringkan rambutnya. Hal ini dengan cara menyisir rambut di depan rumah sambil melihat gerhana.

"Meski ini hanya ular-ular orang terdahulu alangkah baiknya tetap dilakukan. Dengan harapan saat melahirkan nanti tidak ada aral apapun," kata Vinda kepada detikcom, Rabu (25/5/2021).

Vinda menambahkan, dia tidak mengetahui persis makna ular-ular mandi keramas saat gerhana bulan total ini. Karena banyak masyarakat di berbagai daerah memiliki kepercayaan beragam mengenai fenomena tentang gerhana bulan.