Sambal Mamong, Sambal Ikan Asap Khas Lamongan Produk UMKM

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 08:37 WIB
Sambal Mamong, Sambal Ikan Asap Khas Lamongan Produk UMKM
Sambal produk UMKM Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Sambal Mamong namanya. Sambal ikan asap jadi salah satu primadona masakan di Lamongan. Ya, sambal memang jadi salah satu pelengkap makan yang paling banyak dicari.

Nah, bagi Anda yang jauh dari Lamongan tapi kangen dengan sambal ini, bisa menikmati sambal kemasan produksi UMKM. Sambal Mamong adalah salah satu resep sambal yang coba dihadirkan secara kemasan siap saji untuk anda yang suka sambal ikan asap.

"Sambal Mamong ini adalah sambal ikan asap yang banyak ditemui di rumah-rumah Lamongan. Karena Lamongan dikenal menjadi salah satu sentra ikan, baik ikan budidaya maupun ikan tangkap," kata pelaku UMKM yang membuat sambal Mamong ini, Kika Puji Wahyuni saat berbincang dengan detikcom, Rabu (26/5/2021).

Warga Desa Jotosanur, Kecamatan Lamongan ini mengungkapkan, dia terdorong menambah nilai jual ikan daripada hanya dijual mentah tanpa diolah. Menurut Kika, biasa dipanggil, jika hanya dijual berupa ikan segar, maka nilai jual ikan lebih rendah dibandingkan saat dijual sebagai produk olahan ikan.

"Nah, sambal menjadi menu pendamping yang banyak digemari masyarakat dan di Lamongan sambal ikan asap menjadi salah satu primadona," ujar Kika.

Selain nilai ekonominya yang lebih tinggi, terang Kika, produk olahan sambal ikan asapnya juga bisa bertahan lebih lama, sekitar 2 sampai 3 bulan. Mengapa Sambal Mamong? Kika menyebut penamaan itu diambil dari nama panggilan anak keduanya yang bernama Muhammad Lamongan.

"Ketika kecil dulu, anak kedua saya itu dipanggil orang-orang dengan Mamong, jadilah itu saya pakai untuk nama sambal kreasi saya," terang Kika.

Kika menuturkan, sambal ikan asap buatannya ada banyak ragam varian ikan. Berbagai ikan asap ia padu padankan dengan rempah membuat sambal ikannya dicari para penikmat sambal. Beberapa jenis ikan tersebut, lanjut Kika, mulai dari ikan bandeng asap, mujair asap, togek asap, tongkol asap dan lele asap.

"Untuk penjualan saya menerapkan pola penjualan luring dan daring," imbuhnya.

Padu padan yang khas antara ikan asap dan bumbu rempahnya membuat Sambal Mamong ini tidak hanya dinikmati di Lamongan saja. Sejumlah kota dan pulau di Indonesia telah menikmati ikan asap kreasi pelaku UMKM ini.

"Keluar pulau juga sudah banyak pesanan, seperti ke Pontianak, Banjarmasin, Lampung. Untuk kota lainnya di antaranya Semarang, Sragen terus Situbondo," lanjutnya.

Sementara Kepala Disperindag Lamongan Muhammad Zamroni mengakui jika ada beragam produk UMKM di Lamongan yang sudah mulai bergairah setelah terkena dampak pandemi global COVID-19. Sambal Mamong ini, kata Zamroni, mengambil celah olahan ikan yang memang banyak ditemukan di Lamongan untuk memiliki nilai tambah. Rasa dari sambal Mamong ini juga mantap.

"Perlahan, produk UMKM Lamongan terus berkembang. Kita akan mendorong terus agar produk UMKM semakin banyak diminati," pungkas Zamroni.

Bagi yang ingin menikmati sambal ikan asap tanpa harus repot-repot meramu resep masakan, Sambal Mamong ini bisa menjadi pilihan. Beragam ikan asap sudah bisa dinikmati tanpa harus takut ikan asapnya gosong atau salah resep.

(fat/fat)