Khofifah Dorong Pengembangan Wisata Desa Untuk Perkuat Ekonomi Warga

Adhar Muttaqien - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 22:59 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah mencoba salah satu wahana di Nangkula Park (Foto: Adhar Muttaqien)
Tulungagung -

Pemprov Jatim terus mendorong upaya pengembangan destinasi wisata desa. Wisata desa didorong untuk memperkuat perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan wahana dan produk baru wisata Nangkula Park di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung mengatakan bergeraknya destinasi wisata desa dipastikan akan memberikan dampak terhadap positif terhadap lingkungan di sekitarnya.

"Setiap wisata memberikan signifikansi terhadap pergerakan UMKM lokal, setiap wisata akan menggerakkan transportasi publik. Jadi antara tranportasi publik dan UMKM lokal ini dua hal yang di Jawa Timur UMKM tulang punggung PDRB," kata Khofifah, Sabtu (22/5/2021).

Menurut Khofifah 60,25 persen bakcbone PDRB Jatim berasal dari sektor UMKM. Hal ini dinilai selaras dengan upaya Pemerintah Desa Kendalbulur yang terus mengembangkan BUMDes melalui sektor wisata melalui Nangkula Park.

Gubernur Khofifah mengapresiasi langkah progresif yang dilakukan pemerintah desa tersebut, sebab meskipun destinasi Nangkula Park baru dirintis pada masa pandemi COVID-19 tahun 2020 lalu, namun saat ini mampu mendapatkan omset hingga Rp 2,1 miliar dan mampu menambahkan pendapatan asli desa hingga ratusan juta rupiah.

"Percepatannya luar biasa, (wisata) ini dimulai operasi pada bulan Juni, sudah saat musim pandemi COVID-19, ternyata omsetnya sudah Rp 2,1 miliar," imbuhnya.

Kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan oleh BUMDes di Kendalbulur layak dicontoh oleh desa lain. "Ini sudah jadi, tinggal pengembangan kanan kirinya, apa yang bisa mendorong kreativitas inovasi dan produktivitas bagi warga Tulungagung. Ini akan menjadi kekuatan-kekuatan baru," jelas Khofifah.

Gubernur Khofifah menambahkan untuk mendorong kreativitas BUMDes di Jawa Timur, pihaknya telah menggelontorkan stimulus bantuan keuangan kepada beberapa BUMDes.

"Tadi ada beberapa desa yang mendapatkan dana hibah Rp 75 juta, tapi tidak sekedar itu, ada pembinaan dan pengembangan, yang kuta sebut Dewi Cemara atau desa wisata rakyatnya cerdas mandiri dan sejahtera," kata Gubernur Khofifah.

(iwd/iwd)