Belum Lama Menjabat, Gus Ipul Bawa Kota Pasuruan Raih Opini WTP

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 19:10 WIB
gus ipul
Kota Pasuruan menerima opini WTP dari BPK Jatim (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Pemkot Pasuruan mencetak prestasi di bawah kepemimpinan Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Pemkot berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jawa Timur.

Sebelumnya, dua tahun, Pemkot Pasuruan gagal meraih WTP. Pemkot hanya berhasil meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) di tahun anggaran 2018 dan 2019.

Opini ini diberikan oleh BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020. Penyerahan opini BPK oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Joko Agus Setyono kepada Wali Kota Gus Ipul, Selasa (25/5/2021).

"Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, sesuatu hal yang perlu disyukuri. Opini WTP dari BPK ini menjadi titik awal memajukan Kota Pasuruan ke depan. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras selama ini," kata Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan prestasi tersebut menjadi penyemangat dalam membangun dan memajukan Kota Pasuruan. Opini WTP juga menjadi tantangan untuk memperbaiki catatan yang diberikan oleh BPK RI.

"Tetap ada catatan, seperti kekurangan soal pencatatan aset, penatausahaan keuangan daerah dan sebagainya. Itu akan segera kami tindak lanjuti," tambah dia.

Menurut Gus Ipul, Pemkot Pasuruan berhasil naik kelas dibandingkan tahun lalu yang hanya meraih opini WDP. Meraih opini WTP, kata dia, merupakan kewajiban daerah atas perintah undang-undang. Semua daerah seharusnya menjadikan WTP sebagai standar.

"Opini WTP menjadi bukti jika tata kelola keuangan dan pemerintahan di Pemkot Pasuruan ini semakin lebih baik dibandingkan sebelumnya," terangnya.

Gus Ipul juga menyampaikan Pemkot Pasuruan sedang bekerja keras merumuskan sejumlah program super prioritas. Antara lain menyelesaikan RTRW dan RDTR, pembangunan JLU dan lainnya.

Wakil Wali Kota Adi Wibowo menambahkan prestasi tersebut adalah hasil kerja keras antara tim OPD dengan tim BPK. Apa yang menjadi rekomendasi BPK langsung ditindaklanjuti.

"Memang masih ada catatan, tapi segera kami selesaikan dalam waktu dekat. Terima kasih, kerjasama dan solid, akhirnya Kota Pasuruan kembali meraih WTP," urainya.

(iwd/iwd)