Round-up

Ganjaran untuk Majikan yang Setrika dan Suruh ART Makan Kotoran Kucing

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 08:38 WIB
Polisi sudah menetapkan seorang majikan di Surabaya, FF (53) sebagai tersangka kasus penganiyaan.
Ia telah memukul, menyetrika hingga menyuruh asisten rumah tangga (ART) berinisial EAS (47) memakan kotoran kucing.
Barang bukti dalam kasus penganiyaan terhadap ART/Foto file: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Polisi sudah menetapkan majikan di Surabaya, FF (53) sebagai tersangka kasus penganiayaan. Ia memukul, menyetrika hingga menyuruh asisten rumah tangga (ART) berinisial EAS (47) memakan kotoran kucing. Kini ia terancam dijerat pasal berlapis.

FF merupakan warga Manyar, Surabaya. Kini ia ditahan oleh Satreskrim Polrestabes Surabaya setelah menjalani pemeriksaan. Sementara korban merupakan warga Jombang.

"Kami sudah melakukan penyelidikan dan kami sudah tetapkan tersangka terhadap majikannya berinisial FF," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian saat rilis di mapolrestabes, Rabu (19/5/2021).

Oki kemudian menjelaskan soal motif tersangka melakukan aksi kekerasan atau penganiayaan terhadap korban. Dalam pemeriksaan terungkap, tersangka merasa kesal pada korban soal kerjaan sebagai ART.

"Motifnya kesal, sehingga majikan atau tersangka tersebut melakukan tindakan kekerasan kepada asisten rumah tangga itu. (Kesalnya) karena pekerjaan," ungkap Oki.

Kronologinya, ART itu kerap menjadi korban aksi kekerasan, ketika tidak mengikuti perintah sang majikan. ART itu kerap dipukul, pernah disetrika bahkan disuruh memakan kotoran kucing.

"Ya, ketika yang bersangkutan (korban) tidak mengikuti perintahnya. Itu juga disebutkan oleh korban dan beberapa saksi juga menyampaikan," ungkap Oki.

Penanganan kasus kekerasan ini berawal dari laporan UPT Liponsos Surabaya. Sebab, korban tidak mengalami gangguan jiwa dan ditemukan bekas luka sehingga diduga sebagai korban kekerasan atau penganiayaan. Polisi akhirnya melakukan penyelidikan dan memeriksa saksi-saksi.

Tonton juga Video: Viral TKW Asal Polman Curhat Disiksa Majikan di Bahrain

[Gambas:Video 20detik]