Ada Aksi Teatrikal soal Bahaya COVID-19 di Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 17:21 WIB
Peti Mati dan Pusara Pasien Covid 19 Hiasi Jalanan Kota Tuban
Aksi teatrikal bahaya COVID-19 (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Tuban -

Satlantas Polres Tuban menggelar kampanye patuhi protokol kesehatan (Prokes). Selain membawa banner dan spanduk, mereka juga menggelar aksi teatrikal bahaya COVID-19.

Aksi ini digelar di Bundaran Patung, Tuban, Jumat (21/5/2021). Para petugas Satlantas Polres Tuban juga berkeliling sambil membawa papan bertuliskan imbauan-imbauan untuk menaati protokol kesehatan.

Tak hanya itu, mereka juga menggelar aksi teatrikal. Dalam aksi itu, mereka menggambarkan seorang pasien COVID-19 yang dihantui kematian menggunakan alat bantu pernapasan. Selain itu juga ada peti mati lengkap dengan batu nisan. Ini sengaja disuguhkan untuk mengingatkan masyarakat yang tidak memakai masker saat pandemi COVID-19.

Kapolres AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat di Tuban agar lebih mentaati dan mematuhi protokol kesehatan. Ini untuk menghindari Penyebaran Corona pasca penyekatan arus mudik lebaran.

"Kita mengingatkan kembali kepada masyarakat yang mungkin sudah lupa memakai masker. Padahal COVID-19 masih ada. Melalui teatrikal kita ingatkan masyarakat," jelasnya.

Sementara Kasat Lantas AKP Argo Budi Sarwono, kegiatan ini sengaja menyuguhkan aksi teatrikal agar masyarakat di jalan bisa dilihat melihat langsung kampanye bahaya tak patuhi protokol kesehatan.

"Sengaja kita lakukan di bundaran Patung ini agar dilihat oleh pengguna jalan yang melintas," jelas kasatlantas.

Pihaknya akan terus melakukan kampanye dan patroli prokes. Ini dilakukan agar masyarakat di Tuban lebih sadar dan peduli tentang bahaya COVID-19.

"Jangan sampai gelombang tsunami COVID-19 seperti di India terjadi di tempat kita ini," tegasnya.

(fat/fat)