Rumah di Banyuwangi Terjual, Ini Mekanisme Donasi Kemanusiaan untuk Palestina

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 15:14 WIB
Rumah di Banyuwangi yang Dijual Untuk Rakyat Palestina Terjual
Salah satu sudut rumah di Banyuwangi dijual untuk Palestina (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Rumah berkonsep vila di Banyuwangi dijual untuk donasi rakyat Palestina akhirnya terjual. Sebagian dari hasil penjualan akan langsung disalurkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang akan menyalurkan untuk kemanusiaan di Palestina. Bagaimana mekanismenya?

Penjual rumah, Triyanto mengaku siap menyalurkan sebagian hasil penjualan rumah tersebut ke ACT, kemudian didonasikan untuk kemanusiaan rakyat Palestina.

"Sebagian akan disalurkan ke ACT setelah pembayaran rumah lunas," ujarnya kepada detikcom, Rabu (19/5/2021).

Penyaluran donasi ke ACT bisa dilakukan dirinya atau langsung pembeli rumah ke rekening ACT.

"Mekanisme akan ditawarkan ke pembeli. Donasi bisa dilakukan oleh saya jika pembeli langsung membayarkan ke saya. Ataupun bisa seperti ini, pembeli langsung mengirim donasi ke ACT. Nanti ACT akan saya hubungi," tambahnya.

Diakui Triyanto, banyak yang salah kaprah tentang donasi ke rakyat Palestina. Dirinya menjual rumah itu, hanya sebagian yang didonasikan. Sebagian lagi untuk memenuhi kewajiban pajak, pembayaran jasa penghubung penjual dan pembeli serta untuk membayar kekurangan pembangunan rumah.

"Jadi, nantinya seperti ini. Uang penjualan rumah itu akan dibayarkan terlebih dahulu kewajiban pajak, pembayaran jasa penghubung penjual dan pembeli serta untuk membayar kekurangan pembangunan rumah. Selanjutnya akan dibagi dua, satu untuk keluarga dan separonya untuk donasi ke saudara-saudara kita di Palestina," pungkasnya.

Sebelumnya, foto rumah dijual untuk rakyat ke Palestina, viral di medsos. Rumah berkonsep vila di Banyuwangi itu dijual oleh pemiliknya, untuk membantu umat muslim yang menjadi korban kekejaman zionis Israel.

Foto penjualan rumah untuk bantuan ke Palestina itu, viral WhatsApp Grup di Banyuwangi, Sabtu (15/5/2021). Dalam foto itu tertulis nomor telepon penjualnya, dan namanya Puri de Fanny. Ada 4 foto kolase dan ditimpa tulisan 'Dijual untuk Palestina'.

Saat dihubungi, pemilik rumah, Triyanto membenarkan kabar penjualan rumah itu. Dirinya sengaja menjual seharga Rp 750 juta. Namun harga tersebut bisa nego sesuai dengan kesepakatan. Hasilnya akan dibagi untuk rakyat Palestina.

Lihat Video: Intip Rumah di Banyuwangi yang Dijual untuk Bantu Warga Palestina

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)