Ribuan Penumpang Diperkirakan Datang-Pergi di Terminal Bungurasih

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 11:25 WIB
Ribuan Penumpang yang Naik hingga Turun di Terminal Purabaya
Terminal Purabaya Bunurasih mulai ramai (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Usai larangan mudik 2021, kendaraan umum kini mulai beroperasi seperti biasa. Terminal Purabaya Bungurasih terpantau mulai ramai penumpang.

Kepala Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat mengatakan tiap shelter atau jalur bus telah diisi beberapa bus. Tak hanya satu, ada dua hingga tiga bus yang parkir menunggu penumpang. Biasanya, di masa pembatasan mudik, hanya ada satu bus yang parkir.

Imam mengatakan data terakhir pada Selasa (18/5), ada 6.629 penumpang yang turun di dan 7.911 penumpang yang naik dari terminal. Padahal saat Lebaran 2021 pada Kamis (13/5), total keseluruhan penumpang turun di terminal hanya 85 orang, dan yang naik ada 122 penumpang.

Sedangkan untuk bus yang datang ke terminal pada Selasa (18/5) ada 452 bus dan 509 bus berangkat dari terminal. Padahal saat Lebaran pada Kamis (13/5), hanya ada 21 bus yang menurunkan penumpangnya di terminal dan 17 bus yang berangkat dari terminal.

"Iya alhamdulillah sudah mulai ramai, tapi masih seperti biasa. Kalau tiap jalur sudah terisi seperti biasanya sebelum ada pembatasan mudik," kata Imam kepada detikcom di Terminal Purabaya Bungurasih, Rabu (19/5/2021).

Kendati demikian, Imam mengatakan pihaknya senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada penumpang hingga seluruh kru bus. Untuk syarat seperti surat keterangan bebas COVID-19 dan surat keterangan kerja, Imam menyebut juga wajib dilengkapi.

"Syaratnya tetap untuk protokol kesehatan harus dijaga ketat, yang penting kita data, yang tidak bawa tetap kita ingatkan untuk melengkapi, di sini kan juga ada puskesmas. Kalau memang dia nggak mau, nanti dia sendiri yang menanggung risiko di jalan. Kalau keterangan kerja saya kira masyarakat sudah membawa dan sudah tahu. Itu nanti tetap kita data," pungkasnya. (hil/fat)