Antisipasi Arus Balik, Penyekatan di Jatim Diperpanjang Hingga 24 Mei

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 21:29 WIB
penyekatan di bundaran waru
Penyekatan di Bundaran Waru (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Polisi memperpanjang penyekatan di Jatim hingga 24 Mei. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi arus balik dari pemudik.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko membenarkan penyekatan akan diperpanjang. Penyekatan akan dilakukan di sejumlah perbatasan oleh Polres jajaran setempat.

"Penyekatan arus balik sampai tgl 24 mei dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) oleh polres jajaran," ujar Gatot kepada detikcom, Senin (17/5/2021).

Adapun titik penyekatan akan dilakukan di 9 titik perbatasan Provinsi Jatim, 20 perbatasan kota. Tak hanya itu terdapat juga 45 pintu keluar dan perbatasan khusus Jawa-Bali yang tak luput dari penyekatan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra menjelaskan perpanjangan penyekatan hingga 24 Mei sesuai dengan instruksi dari Satgas COVID-19. Instruksi itu tertuang dalam adendum SE 13 tahun 2021 tanggal 7 April 2021.

"Sesuai adendum Satgas COVID," kata Teddy.

Dalam adendum itu disebutkan, mulai tanggal 18 Mei 2021 akan dilakukan masa pengetatan pascamudik. Sedangkan ketentuan bagi pemudik yang akan melakukan arus balik diwajibkan membawa dokumentasi kesehatan.

Dokumentasi itu antara lain pertama surat keterangan hasil negatif tes swab PCR atau rapid test antigen 1x24 jam. Dan kedua yakni hasil negatif GeNose C19 sebelum keberangkatan.

Simak video 'Pos Pemeriksaan di Tol Japek Diperpanjang Sampai 24 Mei, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)