Tips Memilih Telur Ayam yang Baik Menurut Dinas Pertanian Kota Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 20:54 WIB
8 Mitos Telur Paling Populer, Kamu Masih Percaya?
Telur ayam/Foto: iStock
Kediri -

Soal dugaan telur ayam palsu di Kota Kediri sempat membuat heboh masyarakat. Terlepas dari itu, Dinas Pertanian Kota Kediri memberikan tips memilih telur ayam yang baik.

"Jadi ada beberapa cara atau tips untuk memilih telur ayam yang baik dan bagus. Namun untuk praktisnya ada empat hal," ucap drh Pujiono, Kasie Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran Bidang Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, Senin (17/5/2021).

Menurutnya yang pertama, saat akan membeli telur warga bisa menanyakan ke penjual soal usia telur. Paling baik masih berumur 3-5 hari.

Kemudian memilih telur ayam dengan kulit atau cangkang yang tebal dan warnanya cokelat gelap. Bukan cokelat muda.

Sebelum membeli, imbuhnya, telur ayam bisa dicek dengan cara mengkocoknya. Jangan memilih telur yang isinya encer saat dikocok. Bila encer dan berbunyi, bisa diartikan selaput atau lapisan telur dalam sudah lepas dan bercampur dengan isi telur.

Yang terakhir, lanjutnya, sesuaikan harga telur. Jangan membeli telur yang harganya terlampau murah atau di bawah pasaran.

drh Puji juga menambahkan, ukuran telur tidak bisa dijadikan acuan kualitas telur. Karena telur dari beberapa jenis ayam berbeda bentuk dan ukuran.

"Kalau ukuran telur tidak bisa dijadikan acuan, karena beda ayam beda bentuk dan warna telur. Ada lagi jika ingin lebih mendalam, pakan ayam menjadi faktor penting telur yang dihasilkan," pungkasnya.

(sun/bdh)