Telur Ayam di Kediri yang Diduga Palsu Ternyata Asli

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 16:42 WIB
telur ayam diduga palsu ditemukan emak-emak di kediri
Telur ayam yang diduga palsu/Foto: Istimewa
Surabaya -

Seorang ibu di Kota Kediri menemukan telur ayam yang diduga palsu. Namun setelah dilakukan uji lab oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri, telur tersebut dinyatakan asli.

"Hasil uji lab terkait telur di Kediri dan koordinasi dengan dinas terkait, bahwa telur yang dimaksud dalam pemberitaan merupakan telur ayam asli," kata Ketua Satgas Pangan Polda Jatim Kombes Farman di Surabaya, Senin (17/5/2021).

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim ini mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Yakni soal dari mana asal telur dan mengapa kondisi telur menjadi keras dan mirip jel, seperti yang dilihat dalam video viral.

"Saat ini kami masih melaksanakan proses penyelidikan terkait asal dari telur tersebut," imbuhnya.

Sementara yang mengaku menemukan telur ayam diduga palsu itu yakni Linda Agustini. Ia merupakan warga Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri.

Awalnya ia mengaku membeli satu kilogram telur ayam dari pedagang kaki lima dan memasukkan ke dalam kulkas. Namun lima hari berselang, ia mengaku menemukan kejanggalan dari telur tersebut.

Ada empat hal yang membuat dia menduga bahwa telur yang dibelinya palsu. Salah satunya, menurutnya cangkang telur tersebut keras sekali. Lebih keras dari telur ayam pada umumnya.

"Saya masukkan ke dalam kulkas bagian bawah, bukan freezer. Setelah lima hari saya pecahkan tidak bisa, keras sekali. Cangkangnya bahkan bisa diiris pakai pisau," kata Linda, Minggu (16/5).

Simak Video: Begini Rupa Telur Ayam yang Diduga Palsu di Kediri

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)