Tak Lolos Verifikasi, 910 Penumpang Kereta di Daop 8 Surabaya Gagal Berangkat

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 20:31 WIB
pt kai daop 8
Foto: Istimewa
Surabaya -

Jumlah penumpang di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya pada masa larangan mudik 6 hingga 17 Mei 2021 hingga pukul 12.00 WIB sebanyak 13.115 penumpang. Sementara itu, jumlah penumpang yang turun sekitar 15.155 penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan ada juga penumpang yang gagal berangkat karena tak lolos verifikasi.

"Selama periode tersebut, penumpang yang tidak lolos verifikasi sekitar 910 orang. Penumpang yang tidak lolos rata-rata tidak membawa surat izin," kata Luqman di Surabaya, Senin (17/5/2021).

Luqman mengatakan masyarakat yang diperbolehkan menggunakan kereta api adalah pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik. Yaitu untuk bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh satu anggota keluarga, dan kepentingan non mudik tertentu lainnya yang dilengkapi surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah setempat.

Selain persyaratan surat izin perjalanan tertulis, para pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non mudik juga diharuskan menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau pemeriksaan GeNose C19. Di mana sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Nantinya, petugas akan melakukan verifikasi berkas-berkas persyaratan saat boarding di stasiun. Jika ditemukan calon penumpang yang berkasnya tidak lengkap atau tidak sesuai, maka penumpang tidak diizinkan untuk naik kereta api dan tiket akan dibatalkan.

Untuk mengangkut penumpang nonmudik, Luqman menyebut pihaknya menyiapkan 10 KA penumpang jarak jauh. Namun, kereta beroperasi dengan pembatasan okupansi maksimal 70 persen dari ketersediaan tempat duduk keseluruhan pada setiap rangkaian.

Berikut lampiran daftar KA yang beroperasi selama masa pelarangan nonmudik 6 hingga 17 Mei 2021:

1. Maharani relasi Surabaya Pasarturi - Semarang Poncol
2. Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir Jakarta
3. Probowangi relasi Surabaya Gubeng - Ketapang
4. Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung
5. KLB Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiara Condong Bandung
6. Bima relasi Surabaya Gubeng - Gambir Jakarta
7. Sri Tanjung relasi Surabaya Gubeng - Lempuyangan
8. Sri Tanjung relasi Surabaya Gubeng - Ketapang
9. Gajayana relasi Malang - Gambir Jakarta
10. Tawangalun relasi Malang Kota Lama - Bangil - Ketapang

(hil/iwd)