98 Persen Wali Murid Kota Pasuruan Ingin Belajar Tatap Muka

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 17:06 WIB
Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo sidak kesiapan sekolah-sekolah menggelar belajar tatap muka
Sidak persiapan belajar tatap muka (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Sekolah-sekolah di Kota Pasuruan akan menggelar uji coba belajar tatap muka. Uji coba dimulai tanggal 20 Mei hingga 2 pekan ke depan.

Uji coba sekolah tatap muka merupakan respon dari keinginan wali murid. Berdasarkan angket yang disebar, sebanyak 98 persen wali murid di Kota Pasuruan sudah tak menghendaki anaknya belajar daring.

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo sidak kesiapan sekolah-sekolah menggelar belajar tatap muka, terutama sarana-prasarana untuk protokol kesehatan. Adi sidak ke SMPN 08 Jl. Patiunus, kemudian SDN Kebonagung. Terakhir ia mendatangi SDN Ngemplakrejo.

Menurut Adi, secara umum sekolah-sekolah sudah siap menggelar belajar tatap muka. Sudah tersedia tempat cuci tangan, hand sanitaizer hingga penataan ruangan. Penyemprotan disinfektan juga tengah dilakukan.

"Secara umum sudah siap belajar tatap muka. Tinggal beberapa hal yang perlu dilakukan. Kami minta pihak sekolah membersihkan ruangan, banyak debu karena lama tak digunakan," kata Wawali Pasurun Adi, Senin (17/5/2021).

Sementara Kadis Kominfo Kokoh Arie Hidayat menambahkan dalam uji belajar tatap dua pekan, setiap pertemuan hanya bisa diikuti 30 persen dari jumlah siswa. "Jadi misalnya satu kelas jumlahnya 30 orang, yang masuk hanya 10 orang. Jadi seminggu pembagian dua kali masuk setiap murid," jelas Kokoh.

Pada tahun ajaran baru bulan Juli nanti, belajar tatap muka akan digelar dengan menerapkan 50 persen dari jumlah siswa.

(fat/fat)