Tunjungan Plaza Surabaya Ramai Pengunjung di Hari Kedua Lebaran

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 20:45 WIB
Di hari kedua Lebaran, ada beberapa mal di Surabaya yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Salah satunya Tunjungan Plaza.
Tunjungan Plaza/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Di hari kedua Lebaran 2021, ada beberapa mal di Surabaya yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Salah satunya Tunjungan Plaza.

Saat Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang memanfaatkan waktu dengan berkumpul bersama keluarga. Namun, tak sedikit pula yang menghabiskan waktu untuk pergi ke mal, baik berbelanja maupun sekadar makan.

Pantauan detikcom di Tunjungan Plaza (TP), ramai pengunjung. Baik di stan barang dan pakaian maupun di food court. Terlihat pula petugas yang selalu berkeliling untuk mengingatkan pengunjung akan protokol kesehatan.

Salah satu pengunjung, Pram Adi mengatakan, ia sengaja datang ke mal saat hari kedua Lebaran 2021. Ia hendak membeli barang yang dibutuhkan dan sekalian makan.

"Ada barang yang perlu dibeli untuk kebutuhan. Ya sekalian makan malam di sini sama teman-teman," kata Pram kepada detikcom, Jumat (14/5/2021).

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim, Sutandi Purnomosidi mengatakan, pihaknya sudah sangat ketat menjalankan protokol kesehatan. Contohnya masker, di mana tidak ada pengunjung yang tidak menggunakan masker.

"Sekuriti kita tidak kurang, satgas kita dobel ditingkatkan, supaya bisa membantu orang untuk aware. Jangan sampai terjadi kerumunan, jadi kita koordinasi dengan tim Satgas COVID-19 kota dan aparat kepolisian untuk membantu kita memperketat pengawasan terhadap protokol kesehatan," kata Sutandi.

Sutandi menjelaskan, sebelum pandemi COVID-19 banyak pengunjung yang hanya jalan-jalan saja ke mal. Namun saat pandemi, terjadi perubahan lifestyle. Di mana orang-orang datang ke mal karena ada keperluan. Seperti makan atau berbelanja.

"Oleh karena itu nilai pembelanjaannya, meskipun pengunjung belum sebanyak 2019 tapi nilai belanjanya sama tingginya, kalau pun kurang 10-20 persen. Transaksi sudah sangat bagus. Kalau kita lihat orang belanja fashion itu sudah dibilang hampir ke normal. Karena tujuan orang ke mal belanja atau makan," jelasnya.

Ia berharap, Lebaran tahun ini menjadi kick off untuk retail. Ia juga berharap agar tidak ada ledakan COVID-19 usai Hari Raya Idul Fitri.

Tonton juga Video: Anies Minta Mal-Tempat Wisata di Zona Merah Tutup 12-16 Mei

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2