Kebun Binatang Surabaya Sepi Pengunjung Saat Hari Pertama Lebaran 2021

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 18:18 WIB
Hari Raya Idul Fitri, Tempat Wisata di Surabaya Sepi
Suasana KBS hari pertama lebaran 2021 (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Wisata yang sering dikunjungi saat libur yakni Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Pantai Kenjeran. Namun hari pertama Lebaran 2021, KBS terlihat sepi. Meski ada pengunjung, namun tidak sebanyak seperti saat libur-libur seperti biasanya.

Humas KBS Agus Supangkat mengatakan, pengunjung yang datang saat libur Lebaran 2021 sebanyak 3.000. Pengunjung menikmati wahana yang ada, seperti tunggang gajah dan memberi makan satwa.

"Pengunjung hari ini 2.852 orang, buka pukul 08.00-16.30 WIB. Dominasi pengunjung yang datang dari Surabaya," kata Agus kepada detikcom, Kamis (13/5/2021).

Agus menjelaskan, untuk menghindari kerumunan, KBS membuka semua akses pintu masuk. Bagi pengunjung yang naik angkutan umum bisa parkir kendaraan di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), kemudian bisa masuk melalui pintu selatan yang berdekatan dengan TIJ.

"Bagi pengguna kendaraan roda 2 dan roda 4 bisa masuk melalui pintu masuk 12 (area parkir) maupun pintu masuk utama yang berdekatan dengan patung sura dan buaya. Disiapkan juga 1 pintu emergency pintu darurat," ujarnya.

Pihaknya berharap, masyarakat sudah menyiapkan diri sebelum berkunjung ke KBS, dengan memastikan bahwa dalam kondisi baik dan sehat. Saat tiba di KBS, pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan.

"Agar seluruh pengunjung tidak lengah dan selalu ingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, petugas dari tim satgas COVID-19 KBS akan berkeliling untuk memantau, mengimbau dan mengajak pengunjung untuk taat protokol kesehatan dan penempatan petugas pada titik titik kerumunan," jelasnya.

Wahana yang dapat dikunjungi antara lain Wahana Kids Zoo, Aquarium, Animal Edutainment, Wisata Perahu, Tunggang Gajah dan Tunggang Onta. Pengunjung juga bisa bergabung di Program Feeding Time Satwa (Onta, Rusa, Gajah Sumatra, Jerapah, Buaya Muara dan Komodo).

Sementara di Pantai Kenjeran juga terlihat sepi. Hanya beberapa orang yang berwisata sambil menikmati laut Kenjeran.

(hil/fat)