20 Obyek Wisata di Situbondo Ditutup Selama Libur Lebaran

Ghazali Dasuqi - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 13:25 WIB
obyek wisata di situbondo
Salah satu obyek wisata pantai di Situbondo (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo -

Kebiasaan warga Situbondo berkunjung ke tempat-tempat wisata selama libur lebaran, tampaknya tak bisa dilakukan lagi. Sebab, Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo akan menutup semua obyek dan daya tarik wisata Situbondo.

Penutupan tempat wisata itu akan dilakukan selama libur lebaran mulai 13 Mei hingga 19 Mei mendatang. Apalagi kalau bukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Sebab, tempat wisata biasa menjadi pusat kerumunan. Sehingga dinilai cukup berpotensi menimbulkan penyebaran.

"Semua obyek dan daya tarik wisata di Situbondo ditutup selama libur lebaran. Ini murni dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak membuat kerumunan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo, Dadang Aries Bintoro kepada detikcom, Rabu (12/5/2021).

Penutupan ini merupakan tindak lanjut hasil rapat koordinasi Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo, pada Senin (10/5) lalu. Sebab, meski ada ketentuan zona orange 50% namun Satgas COVID-19 Situbondo tak mau ambil resiko. Sehingga memilih untuk menutup semua obyek dan daya tarik wisatanya.

"Karena pengalaman tahun sebelumnya, tempat wisata selalu ramai setiap liburan. Jadi selalu jadi pusat kerumunan. Mungkin karena masyarakat bosan di rumah," papar Dadang.

Apalagi, sambung dia, saat ini masyarakat juga dilarang bepergian keluar kota. Sehingga khawatir menjadikan tempat-tempat wisata yang ada sebagai pengganti jujugan. Sehingga dapat menimbulkan kerumunan yang berpotensi menjadi pusat penyebaran virus Corona.

"Jadi intinya ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona," tandas pria yang juga Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Situbondo itu.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Tutik Margiyanti menyebutkan, ada 20 obyek wisata di Situbondo yang akan ditutup selama libur lebaran, untuk mencegah penyebaran COVID-19. Daya tarik wisata sebanyak itu meliputi wisata alam, wisata budaya, dan wisata budaya di Situbondo.

Simak juga video 'Tempat Wisata Tetap Buka Meski Mudik Dilarang, Ini Kata Satgas':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)