Cara Mantan Bupati Berbagi Kebahagiaan dengan Dhuafa di Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 08:33 WIB
ipong zakat
Foto: Charoline Pebrianti
Ponorogo -

Ipong Muchlissoni punya cara sendiri dalam berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan. Dia memberikan ribuan paket sembako kepada masyarakat dhuafa di Ponorogo.

"Sebenarnya saya tidak mau diekspose kalau ini ada manfaatnya untuk memotivasi banyak orang supaya melakukan hal yang sama ya nggak papa," tutur Ipong kepada wartawan, Rabu (12/5/2021).

Menurut Ipong, setiap tahun dia rutin mengeluarkan zakat. Selain diserahkan ke Badan Amil Zakat, Ipong juga menyerahkan zakat secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Karena jaman Nabi, zakat itu seringkali diserahkan oleh si muzakki kepada para penerima zakat bahkan ada yang dipikul segala macam," imbuh Ipong.

Mantan BupatiPonorogo ini menambahkan sejak dua hari lalu dirinya meminta data ke ketua RT siapa saja dhuafa yang berada di lingkungannya. Hasilnya ada sekitar ribuan paket sembako yang disiapkan.

"Saya serahkan langsung melalui tim, kalau saya serahkan sendiri jumlahnya ribuan paket sembako," terang Ipong.

Ipong menambahkan zakat merupakan kewajiban sebagai muslim. Dia sudah rutin melakukan bagi-bagi sembako ini sejak jauh sebelum menjabat sebagai bupati.

"Waktu saya masih di Samarinda, walaupun kecil-kecil saya sudah mengeluarkan zakat," papar Ipong.

Total ada 7 tim yang ia turunkan untuk membagikan paket sembako langsung kepada warga. Isian paket, mulai dari telur, mie, beras, gula, minyak, teh, kopi.

"Mudah-mudahan ini bisa meringankan sedikit beban masyarakat yang selama satu tahun ini mengalami kesulitan karena pandemi COVID-19 dan mudah-mudahan ekonomi segera bangkit sehingga ekonomi bisa maju tidak morat-marit lagi," pungkas Ipong.

(iwd/iwd)