Lalu Lintas Padat, Penyekatan di Suramadu Sempat Buka Tutup

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 00:09 WIB
Penyekatan di Surabaya
Penyekatan larangan mudik 2021 di Suramadu sempat dibuka/Foto: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya -

Jalur Suramadu arah Surabaya-Bangkalan sempat mengalami kemacetan sepanjang 1 km. Petugas yang berjaga di pos penyekatan larangan mudik 2021 sempat membuka penyekatan dan membiarkan kendaraan melaju menuju Madura.

Pantauan detikcom, kemacetan masih terjadi hingga pukul 20.30 WIB. Setelah itu, petugas yang terdiri dari aparat kepolisian, TNI, dan Satpol PP sempat melenggangkan pos penyekatan dan membiarkan kendaraan lewat.

Namun, selang 10 menit, kendaraan yang hendak menuju Madura melalui Suramadu kembali disetop dan diperiksa satu per satu.

Sedangkan di jalur roda dua, pengendara motor tidak diperiksa sama sekali dan melenggang mulus menuju Madura melalui Jembatan Suramadu.

Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Eko Adi Wibowo mengatakan, seluruh mobil diberhentikan petugas di pos penyekatan Suramadu.

"Segala pelat, pelat merah, pelat hitam baik L, N, B dan semuanya, tanpa kecuali. Ada yang diperbolehkan jalan, kalau prioritas menjenguk keluarga, atau ada keluarga meninggal. Itu pun berapa orang. Lalu dia sedang kerja, ada surat tugas, dia surat rapid ada," ujar Eko di lokasi, Selasa (11/5/2021).

Eko menjelaskan, beberapa mobil ditilang di pos penyekatan Suramadu. Pasalnya, ada pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi.

"Beberapa sempat kena tilang, jadi kalau di situ dia pelanggaran untuk mengelabui petugas, dia ganti pelat nomor kelihatan, ketahuan. Makanya diadakan penindakan. Pelat tidak sesuai dengan STNK, untuk mengelabui," imbuhnya.



Simak Video "Modus Pemudik Agar Lolos Penyekatan di Suramadu"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/bdh)