Jalur Penyekatan Jembatan Suramadu Arah Madura Macet Hingga 1 KM

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 20:32 WIB
penyekatan jembatan suramadu menuju Madura dan trik warga lolos
Jalur Suramadu menuju Madura macet 1 KM (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Jalur Jembatan Suramadu dari arah Surabaya menuju Bangkalan mengalami kemacetan sejak sore pukul 17.00 WIB. Kemacetan ini disebabkan pemeriksaan petugas di Pos Penyekatan Suramadu.

Pantauan detikcom pada Selasa (11/5) sejak pukul 17.00 WIB, ribuan mobil hendak menuju Madura melalui Suramadu jelang Lebaran 2021. Kemacetan ini dikarenakan adanya pos penyekatan dan larangan mudik 2021. Kemacetan mengular sepanjang 1 KM.

Ratusan kendaraan terpaksa putar balik karena saat diperiksa, tidak membawa surat izin kerja atau surat bebas COVID-19. Rata-rata kendaraan yang diputar balik berplat di luar Madura (M). Untuk kendaraan plat L, W beberapa kali diloloskan.

Sedangkan di jalur motor, tidak ada penyekatan sama sekali. Pengendara roda dua bebas melenggang menuju Suramadu.

Salah satu pengemudi yang diputar balik, Rochman mengaku hendak mengantar saudara pulang ke Sumenep.

penyekatan jembatan suramadu menuju Madura dan trik warga lolosPenyekatan Jembatan Suramadu menuju Madura/ Foto: Faiq Azmi

"Saya cuma antar saudara pulang. Sudah kena macet 2 jam sejak jam setengah 5 tadi, malah disuruh putar balik," ujarnya.

Ada beberapa pengemudi yang lolos, salah satunya Ainur. Ia mengaku hendak mudik ke Sampang. "Saya sendirian, mau mudik," katanya.

Hingga pukul 19.00 WIB, beberapa petugas dari kepolisian, TNI, Satpol PP masih memeriksa kendaraan yang hendak menuju Madura melalui Jembatan Suramadu.

Karena kemacetan yang panjang, beberapa kali, petugas membuka pos penyekatan selama 5 menit, lalu kemudian ditutup kembali.

(fat/fat)