Awas, Nekat Berkerumun di Mal Kota Kediri Di-Rapid Antigen

Andhika Dwi - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 14:19 WIB
Parkir Liar Diteribkan, Pengunjung Mal Jalani Rapid Tes COVID-19
Pengunjung mal rapid antigen (Foto: Andhika Dwi/detikcom)
Kediri - Mal-mal di Kota Kediri dikunjungi warga. Mengantisipasi penyebaran COVID-19, warga yang berkunjung ke pusat perbelanjaan dilakukan rapid antigen. Meski Satgas COVID-19 telah membatasi jumlah pengunjung.

Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo mengaku ada aturan larangan mudik 2021 membuat warga memiliki mal menjadi lokasi mencari hiburan.

"Kendati ada larangan mudik oleh pemerintah, namun tak bisa dipungkiri warga banyak yang berkunjung ke pusat perbelanjaan jelang lebaran. Sedangkan untuk pengunjung mal, kita batasi anggota juga melakukan pengawasan dan secara random melakukan rapid antigen pada pengunjung. Semuanya demi menjaga penyebaran COVID-19 dan kepentingan masyarakat," kata kapolresta, Selasa (11/5/2021).

Dia mengaku selain rapid antigen warga, juga ada penertiban parkir liar dan pengetatan jumlah pengunjung. Pihaknya menertibkan puluhan mobil yang terparkir di pinggir jalan tidak sesuai rambu dengan memberi peringatan dan gembos ban.

Operasi gabungan sasaran parkir liar di sepanjang jalan protokol dilakukan dishub dan Satlantas Polres Kediri Kota gencar digelar hingga hari H lebaran.

Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP Arpan mengaku mulai akhir pekan kemarin sudah menertibkan parkir tidak berizin mengantisipasi terjadinya kemacetan. Biasanya, parkir liar itu berada di sekitar Jalan Diponegoro, Jalan Dhoho dan Jalan Panglima Besar Sudirman. Akibatnya, arus lalu lintas padat merayap.

"Kita laksanakan penertiban parkir liar gabungan dengan dishub. Giat ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jalan. Selain itu penertiban ini juga bertujuan untuk menghindari kemacetan di beberapa titik, khususnya di titik pusat perbelanjaan," tambahnya. (fat/fat)