Ratusan Mobil Pemudik Dihalau Balik Kanan di Perbatasan Jatim-Jateng

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 19:13 WIB
Sebuah rumah di kawasan Perum Citra Santoso Mandiri (CSM) di Desa Sidodadi Kecamatan Candi Sidoarjo terbakar. Kebakaran itu diduga dilakukan oleh bocah yang masih SMP. Gegara sering dimarahi oleh orang tuanya karena sering main game.
Penyekatan di perbatasan Jatim-Jateng, Tuban/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Tuban -

Ratusan mobil pemudik dihalau balik kanan di perbatasan Jatim-Jateng, Tuban. Penyekatan larangan mudik 2021 akan digelar hingga 17 Mei mendatang.

Pos penyekatan di perbatasan Kabupaten Tuban (Jatim) dengan Rembang (Jateng) mendapat kunjungan dari Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf. Ia melihat langsung bagaimana para petugas melakukan penyekatan pemudik.

"Kita melaksanakan penyekatan di perbatasan Jatim-Jateng khusus wilayah Tuban dan Rembang, karena ini merupakan pos check point yang berfungsi untuk mengecek pengguna jalan yang akan masuk wilayah Jawa Timur," kata Yusuf, Senin (10/5/2021).

"Kami pantau beberapa jam di sini terlihat cukup selektif, yang boleh masuk hanya yang memenuhi syarat, yang tidak memenuhi syarat diputar balik," imbuhnya.

Ada beberapa pos penyekatan lainnya di perbatasan Jatim-Jateng. Seperti di exit Tol Ngawi, simpang Mengkreng Kediri serta di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Ia mengimbau masyarakat agar mentaati larangan mudik 2021. "Kita imbau masyarakat untuk tidak mudik. Kalau memang ada yang memaksa untuk mudik, kita laksanakan tindakan diputar balik atau sanksi administrasi yang lain," terangnya.

"Saya ambil kesimpulan bahwa di Jawa Timur ini sosialisasi larangan mudik cukup bagus," terangnya.

Dalam meninjau pos penyekatan di perbatasan Jatim-Jateng, Yusuf didampingi pejabat dari Korlantas Polri Kombespol Aries Syahbudin serta Kombespol Abrianto Pardede. Hadir pula Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, bersama Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon.

Dalam data Satlantas Polres Tuban tercatat, ada 524 kendaraan pemudik yang telah diputar balik oleh petugas gabungan dari polisi, TNI, Dishub dan Satpol PP, di posko penyekatan di Tuban. Motor sebanyak 169 unit, mobil pribadi sebanyak 351 unit dan 4 bus AKAP.

"Dari hasil penyekatan mulai tanggal 6 dini hari hingga Senin pagi tercatat ada ratusan pemudik yang kita imbau untuk balik kanan di area pos point Jatim-Jateng di Bancar, Tuban," jelas AKBP Ruruh.

(sun/bdh)