Satgas COVID-19 Tutup 2 Tempat Ibadah Usai Klaster Tarawih di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 18:00 WIB
masjid di Dusun Yudomulyo Banyuwangi disemprot disinfektan
Masjid di Banyuwangi disemprot disinfektan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Satgas COVID-19 Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo menutup dua tempat ibadah diduga lokasi pertama penyebaran klaster tarawih. Dua tempat ibadah itu satu musala dan masjid di Dusun Yudomulyo.

Kepala Desa Ringintelu, Budi Santoso mengatakan, semenjak kejadian warganya meninggal dunia, pihaknya terus melakukan pencegahan. Termasuk melakukan penutupan aktivitas ibadah di masjid dan musala.

"Sejak kejadian meninggalnya salah seorang warga sini, kita terus melakukan pencegahan, termasuk melakukan pembatasan aktivitas. Salah satunya meniadakan sementara aktivitas ibadah di Musala Baitul Amin, Dusun Yudomulyo, Desa Ringintelu," kata Kepala Desa Ringintelu, Budi Santoso, Senin (10/5/2021).

Penutupan kegiatan dan tempat ibadah itu, tentu sangat berat dilakukan oleh pihak Satgas. Apalagi saat ini bulan ramadhan. Namun demi keselamatan bersama, pihaknya tetap melakukan penutupan.

"Ini terpaksa kita lakukan untuk keselamatan bersama," tambahnya.

Saat ini, pihaknya mengimbau kepada warga sekitar musala untuk tidak beraktivitas bersama warga lain. Sementara, untuk musala dan masjid juga dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.

"Warga di sekitar musala dan masjid kita minta isolasi mandiri. Mereka juga kita minta beribadah di rumah," terangnya.

Sementara Kapolsek Bangorejo AKP Mujiono menyebut pihaknya tidak berhenti melakukan pantauan terhadap daerah yang dilakukan pembatasan setelah ada yang positif COVID-19. Termasuk memastikan warga tidak melakukan aktivitas bersama warga lain selama masa pembatasan ini.

"Kami terus berpatroli di Dusun Yudomulyo, memastikan musala yang ditutup untuk ibadah tidak digunakan. Sekaligus memastikan warga yang sedang isolasi mandiri tertib menjalankan prosesnya," ujarnya.

Simak Video: Klaster Tarawih di Banyuwangi Bertambah, 53 Orang Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)