8 RPH di Banyuwangi Potong 200 Ekor Sapi/Hari Jelang Lebaran Idul Fitri 2021

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 10:06 WIB
Penuhi Kebutuhan Daging di Banyuwangi Jelang Lebaran, 200 Ekor Sapi Dipotong/Hari
Dinas Pertanian Banyuwangi sidah penjual daging (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Konsumsi daging Lebaran Idul Fitri 2021 meningkat tajam. Hal ini seiring pemantauan Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, di pasar dan rumah pemotongan hewan (RPH) yang tersebar di Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini. Per hari menjelang lebaran, total 200 ekor sapi per hari disembelih di 8 RPH Banyuwangi.

Hal itu terungkap saat digelar sidak penjual daging sapi yang digelar di Pasar Blambangan, Banyuwangi, Senin dinihari (10/5/2021). Peningkatan juga dari daging ayam dan kambing.

"Rata-rata naik ya menjelang lebaran. Salah satu contoh saja RPH Banyuwangi itu per hari 30 ekor sapi. Ini sudah seminggu lebih," ujar Arief Setiawan, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi usai menggelar sidak.

Padahal, rata-rata penyembelihan sapi di RPH di hari biasa hanya mencapai 10 ekor. "Ini meningkat 200 persen setiap lebaran," tambahnya.

Di Banyuwangi terdapat 8 RPH. Di antaranya RPH Kalibaru Glenmore, Rogojampi, Purwoharjo, Pesanggaran Genteng Banyuwangi dan Wongsorejo. Dinas Pertanian mengestimasi total 200 ekor sapi/hari disembelih di RPH yang menjalankan pemotongan dengan sesuai SOP.

Selanjutnya
Halaman
1 2