Nguji Motor untuk Balap Liar di Blitar, Seorang Pemuda Tewas Bertabrakan

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 20:29 WIB
balap liar di Blitar
Kondisi motor salah satu korban (Foto: Dok.Polres Blitar)
Blitar -

Dua pemuda terlibat kecelakaan saat men-setting motornya untuk balap liar. Satu orang tewas dan satunya mengalami luka berat.

Korban tewas atas nama Deni Setiawan (30) warga Kelurahan /Kecamatan Sutojayan. Korban mengendarai motor Honda GL nopol A 3297 RD. Sedangkan korban dengan luka berat bernama Umar Abdillah (21), warga Desa Kedungbunder Kecamatan Sutojayan. Korban mengendarai motor Honda GL Max nopol AG 4739 OAU.

Kecelakaan itu terjadi di jalan umum Desa Kedungbunder. Lokasi yang kerap dijadikan ajang balap liar di kawasan Blitar selatan. Kasat Lantas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana mengatakan pada awalnya dirinya menduga jika kedua korban sedang beratraksi di balap liar. Namun dari keterangan beberapa saksi, kedua pemuda itu sedang men-setting motornya.

"Dari keterangan beberapa saksi, mereka ini sedang men-setting motornya. Jadi keduanya melaju bersama dari arah timur ke barat. Lalu motor korban yang tewas ini putar balik dan terjadilah tabrakan dengan motor di belakangnya," jelasnya dikonfirmasi detikcom, Minggu (9/5/2021).

Ketika pihak kepolisian sampai di lokasi kejadian, kedua korban telah dievakuasi ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Tak lama berselang, Deni Setiawan dinyatakan meninggal dunia karena terluka parah di bagian kepala. Sedangkan Umar Abdillah mengalami luka berat dan masih dirawat intensif.

"Di lokasi kami hanya menemukan dua motor yang kondisinya rusak. Kemudian, setelah kami periksa, beberapa spare part motor sudah tidak sesuai speknya. Tidak standar. Bahkan ada yang nomor mesin dan rangkanya tidak sesuai dengan yang di STNK. Motor memang di-setting untuk kebut-kebutan," ungkapnya.

Karena sudah memakan korban jiwa, Angga mengaku telah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk memberangus aksi balap liar di kawasan tersebut. Selain lebih intensif digelar razia, juga akan dipasang beberapa polisi tidur di spot yang kerap jadi ajang balap liar.

Tonton juga Video: Motor Vs Motor di Sulsel, Satu Pengendara Tewas

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)