Irwasum Polri Sidak Penerapan Prokes di Terminal Bungurasih

Suparno - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 16:37 WIB
irwasum
Irwasum sidak ke Terminal Bungurasih (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Purabaya (Bungurasih). Agung mengecek terkait penerapan protokol kesehatan di terminal ini.

Ditemani Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Agung mengecek SOP yang diterapkan jika ada penumpang bus non mudik yang tidak membawa syarat surat keterangan bebas COVID-19. Ternyata, di Terminal Bungurasih disediakan posko untuk melakukan pengecekan.

Saat sidak, ada seorang penumpang yang tidak membawa surat keterangan bebas COVID-19. Penumpang tersebut langsung diarahkan di posko untuk dilakukan rapid test.

"Kami ditugaskan dari Mabes Polri ke Polda Jawa Timur, sengaja melaksanakan simulasi supaya urutan SOP kesehatan prokes dilakukan dengan benar," kata Agung di Terminal Purabaya, Minggu (9/5/2021).

Sementara itu, jika hasil rapid test antigen penumpang tersebut reaktif, petugas langsung membawa penumpang ke ambulans untuk diantar ke Pendopo Delta Mayang. Di sana, penumpang dites swab dan jika hasilnya positif, penumpang akan diisolasi.

Agung mengatakan langkah pengecekan ini penting dilakukan. Agar, semua petugas yang berjaga terjamin dari penularan COVID-19.

"Karena kita juga harus melindungi petugas kita yang bertugas di sini. Baik TNI, Polri, Kesehatan, Dinas Perhubungan maupun Satgas COVID-19 juga harus terhindar dan terbebas dari COVID-19," paparnya

"Oleh karena itu, urut-urutan prokes harus dilaksanakan apabila menemukan masyarakat yang diduga reaktif. Dan tadi urut-urutannya sudah benar. Setelah reaktif dibawa ke ambulans untuk dilakukan PCR dan jika hasilnya positif akan dilakukan isolasi," imbuhnya.

Agung berharap masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah terkait larangan mudik demi memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Pantauan sejauh ini masyarakat tidak ada yang mudik, semoga tetap mengikuti imbauan pemerintah," harapnya

(iwd/iwd)