11 Obyek Wisata di Blitar Mati Suri, Ingin Buka Kembali Tapi ...

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 11:43 WIB
Candi Penataran Blitar
Candi Penataran di Blitar (Foto: Erliana Riady)
Blitar -

Efek domino pandemi membuat 11 obyek wisata di Blitar mati suri. Mereka belum buka kembali karena tidak mampu membayar biaya operasional.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Blitar Arinal Huda mengatakan 11 tempat wisata yang tutup sejak wabah Corona itu di antaranya adalah Bukit Bunda di Kademangan, Konyar Hill di Kesamben, Kampung Indian Karanganyar, Nglegok dan Kaloka di Sutojayan. Selain itu juga di Puncak Kejora dan air terjun Sirah Kencong dan pendakian Gunung Kelud.

"11 lokasi wisata itu belum bangkit lagi sampai sekarang. Sejak pandemi mereka tutup karena tidak mampu membiaya operasionalnya," kata Huda dihubungi detikcom, Sabtu (8/5/2021).

Dari data Disparbudpora Pemkab Blitar, ada sebanyak 76 lokasi wisata di wilayah Kabupaten Blitar. Dari jumlah itu, 32 lokasi merupakan kawasan situs sejarah dan cagar budaya. Lainnya, merupakan kawasan wisata yang dikembangkan dari potensi alam yang ada di tiap desa. Pengelolaaanya, ada yang dibawah kewenangan BUMN atau BUMD, perorangan, maupun kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Sejak mewabahnya virus COVID-19, maka semua lokasi wisata wajib mengantongi rekomendasi dari Satgas COVID-19. Isinya, jika lokasi wisata tersebut telah menyediakan sarana prasarana penunjang protokoler kesehatan, ada petugas pemantau pelaksanaan protokol kesehatan dan membatasi jumlah pengunjung jika wilayahnya masuk zona kritis paparan Corona.

"Dari 76 lokasi wisata itu, yang sudah mengantongi rekomendasi satgas ada 67 lokasi. Namun karena kondisi sepi, sampai saat ini mereka tidak bisa buka tiap hari. Kadang ada yang hanya tiap akhir pekan. Ada juga yang hanya ketika libur panjang," bebernya.

Huda juga belum bisa memastikan destinasi wisata mana saja yang buka saat libur panjang lebaran. Namun untuk destinasi ikonik Blitar, dipastikan tetap buka menjelang dan pascalebaran.

"Yang pasti buka itu seperti Kampung Coklat, kebun teh Sirah Kencong juga buka. Kemudian Blitar Park, Pantai Serang, dan Negeri Dongeng. Candi-candi juga buka. Cuma ya itu, kunjungan itu turun sampai 60 persen sejak pandemi," imbuhnya.

Huda mengimbau selama libur lebaran warga sebaiknya tinggal di rumah saja. Tidak usah kemana-mana. Namun jika berniat bepergian piknik, pastikan kondisi fisik benar-benar sehat, patuhi dan jalankan prokes dengan benar.

"Karena tidak ada yang bisa menjamin kesehatan kita, kalau bukan kita sendiri yang mengupayakannya. Jangan tergantung dengan petugas apalagi menunggu diingatkan hanya untuk memakai masker saja," pungkas Huda.

Lihat juga Video: Libur Lebaran, Objek Wisata di Karanganyar Tetap Akan Dibuka

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)