Pemudik dari Cikarang Terjaring di Tuban, Satu Keluarga Rapid Antigen

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 19:19 WIB
Petugas gabungan dari Satlantas Polres Tuban, TNI, Dishub dan Satpol PP melakukan pengetatan dalam penyekatan menjelang masa larangan mudik. Kendaraan yang masuk Tuban diperiksa.
Pemudik di Tuban/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Tuban -

Petugas gabungan dari Satlantas Polres Tuban, TNI, Dishub dan Satpol PP melakukan pengetatan dalam penyekatan menjelang masa larangan mudik. Kendaraan yang masuk Tuban diperiksa.

Seperti mobil yang berisi satu keluarga asal Cikarang, Jawa Barat yang masuk ke Tuban. Sukamto (53) bersama anak dan istrinya diberhentikan petugas karena tak memiliki surat keterangan sehat dari COVID-19.

"Mau ke Jember dari Cikarang. Iya mau mudik karena tahun kemarin sudah nggak pulang. Nggak punya surat sehat atau hasil swab. Kebetulan dari berangkat hingga sore ini baru ada pemeriksaan di perbatasan Jatim-Jateng ini," jelas Sukamto kepada detikcom, Rabu (5/5/2021).

Maka dari itu, tim medis langsung melakukan rapid antigen kepada keluarga Sukamto. Setelah hasilnya keluar dan dinyatakan negatif, satu keluarga pemudik itu langsung dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Jalur pantura masih didominasi truk-truk besar yang mengangkut sembako maupun barang pabrikan. Kapolres Tuban AKBP Ruruh membenarkan, arus lalu lintas di jalur pantura masih terbilang landai. Namun, pengetatan jelang masa larangan mudik tetap diberlakukan.

"Masih dijumpai pemudik yang maksa lakukan perjalanan tanpa bawa dokumen kesehatan yang telah ditentukan. Untuk saat ini kita bantu cek kesehatan. Dan karena hari ini jelang penyekatan tetap akan lepas untuk lanjutkan perjalanan. Namun nanti jika sudah penyekatan akan kita putar balikkan mereka yang ngotot mudik," ujarnya.

(sun/bdh)