Hari Belanja Pasar dan UMKM Kembali Digelar di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 17:50 WIB
Hari Belanja Pasar dan UMKM Kembali Digelar di Banyuwangi
Bupati Ipuk datangi pedagang pasar tradisional (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Gerakan Hari Belanja ke Pasar Rakyat dan UMKM kembali digelar di Banyuwangi. Setelah sukses dihelat pada 4 April 2021, gerakan ini kembali digelar. Kegiatan yang diinisiasi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengambil momen tanggal cantik, 5 Mei 2021.

"Ini adalah bagian dari program pemulihan ekonomi, untuk meningkatkan perputaran uang di pasar dan UMKM," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pasar Rogojampi kepada detikcom, Rabu (5/5/2021).

Ribuan orang terlibat dalam gerakan ini, mulai ASN, BUMN, BUMD, instansi pemerintah lainnya, swasta, dan berbagai komunitas. Mereka berbelanja dengan waktu yang telah dibagi-bagi agar tidak menghasilkan kerumunan di 25 pasar rakyat seluruh Banyuwangi dan gerai-gerai UMKM.

"Hari ini, untuk gerai-gerai UMKM, sebagian kami fokuskan ke UMKM milik kawan-kawan purna migran dan sahabat disabilitas. Ini bentuk keberpihakan agar kawan-kawan purna migran dan penyandang disabilitas bisa terus eksis berwirausaha dan semakin sukses," papar Ipuk.

Bupati yang baru dilantik pada 26 Februari itu menambahkan, program pemulihan ekonomi untuk pelaku usaha skala mikro, kecil, dan menengah di Banyuwangi dalam dua langkah bersamaan. Pertama, program jangka menengah-panjang melalui sertifikasi, mentoring, dan sebagainya.

Kedua, program jangka pendek dengan fokus membantu peningkatan penjualan, di antaranya melalui Hari Belanja ke Pasar dan UMKM, ongkos kirim gratis untuk UMKM, dan pelibatan UMKM dalam setiap agenda festival wisata.

Selanjutnya
Halaman
1 2