Ada Dua Titik Penyekatan Mudik Lebaran di Trenggalek, Ini Lokasinya

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 14:00 WIB
Dua Titik Penyekatan Mudik di Trenggalek, ini Lokasinya
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Pemkab dan Polres Trenggalek akan melakukan penyekatan di dua titik perbatasan larangan mudik 6-17 Mei. Dua penyekatan dilakukan di perbatasan Trenggalek-Ponorogo dan Trenggalek-Pacitan.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin membenarkan penyekatan tersebut. Namun untuk perbatasan Trenggalek-Tulungagung tidak dilakukan penyekatan, lantaran masih berada dalam satu rayon.

"Terkait larangan mudik, kami mengikuti aturan pemerintah pusat, pembagian wilayahnya sesuai dengan yang telah dibuat oleh Polda Jatim," kata M Nur Arifin, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya rayon empat tersebut terdiri dari Tulungagung, Trenggalek, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Nganjuk dan Jombang. Dalam aturannya, warga yang berada dalam zona aglomerasi masih diperkenankan melakukan perjalanan lintas daerah non mudik.

"Kalau untuk Ponorogo dan Pacitan masuk rayon yang lain," jelasnya.

Sementara Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, mengatakan dalam penyekatan, pihaknya akan memperketat setiap pergerakan masyarakat yang masuk ke wilayah Trenggalek.

"Kalau ada masyarakat dari wilayah lain, akan kami tanya surat administrasinya, terutama PCR atau surat rapid antigennya. Serta tujuan masuk ke Trenggalek," kata Doni.

Jika tidak bisa menunjukkan persyaratan dan diindikasikan akan mudik, jelas dia, pihaknya akan memutar balik yang bersangkutan untuk kembali tempat asal. "Kalau mudik, kami suruh kembali," jelasnya.

(fat/fat)