Kasus Pria Bodohkan Pengunjung Mal Bermasker, Warga: Hukuman Kurang Setimpal

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 12:07 WIB
Pria yang viral membodohkan pengunjung mal bermasker di Surabaya telah ditangkap. Pelaku mengaku menyesali perbuatannya.
Pria yang viral membodohkan pengunjung mal bermasker/Foto file: Amir Baihaqi
Surabaya -

Sejumlah warga Surabaya menilai, hukuman yang diberikan pada pria yang viral membodohkan pengunjung mal bermasker kurang setimpal. Sebelumnya, pria bernama Putu Arimbawa (29) sempat diamankan Polrestabes Surabaya.

Usai diamankan, Putu mendapat hukuman denda Rp 150 ribu dan dibawa ke Liponsos untuk memberi makan dan merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) selama 1x24 jam.

Salah satu warga Surabaya, Muthia Khanza (25) mengatakan hukuman yang diberikan pada Putu belum setimpal. Bahkan, Muthia menyebut hukuman ini kurang memberikan efek jera.

"Kalau dendanya cuma segitu dan ngasih makan ODGJ cuma sehari menurut ku sih kurang ya. Nggak membuat pelaku jera juga. Enak aja dia udah bodoh-bodohin orang yang pakai masker, hukumannya masih ringan," kata Muthia kepada detikcom di Surabaya, Rabu (5/5/2021).

Muthia justru menyarankan pelaku mengunjungi dan merawat pasien COVID-19 agar semakin paham jika virus ini ada.

"Kalau nggak percaya ada COVID-19, mungkin ada baiknya mengunjungi pasien COVID-19. Merawat pasien sebulan, di sana nggak usah pakai masker, bersalaman, berpelukan tanpa masker sesuai kepercayaannya, lalu lihat apa yang terjadi. Jangan hanya cari panggung di medsos," tambah Muthia.

Senada dengan Muthia, Ardiansyah Fajar (27) mengatakan hukuman bagi pelaku kurang setimpal. Karena, pelaku sengaja membuat konten yang membodohkan pengunjung mal bermasker.

"Kalau cuma minta maaf dan bersihin ODGJ di Liponsos aku rasa kurang. Harusnya juga ada hukuman denda buat pelaku setara dengan tindak pidana ringan (tipirng). Karena selain tidak patuh prokes di tempat umum dalam hal ini mal, dia juga menghina orang di sekitarnya secara sadar," kata Ardiansyah.

Lihat Video: Pria yang Bodohkan Pemakai Masker Dihukum Beri Makan ke ODGJ

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3