Kades di Bojonegoro yang Minta THR ke Minimarket Sudah Ditegur Camat

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 18:54 WIB
Surat permintaan bingkisan Lebaran (THR)yang ditandatangani Kades Banjarsari, Fatkhul Huda beredar luas. Mengenai surat tersebut, ia sudah ditegur Camat Trucuk.
Surat penarikan surat permintaan bingkisan Lebaran/Foto: Istimewa
Bojonegoro -

Surat permintaan bingkisan Lebaran (THR)yang ditandatangani Kades Banjarsari, Fatkhul Huda beredar luas. Mengenai surat tersebut, ia sudah ditegur Camat Trucuk.

Aslinya, surat tersebut merupakan proposal yang sengaja dibuat oleh Huda. Proposal permintaan bingkisan Lebaran itu disebar ke 7 pelaku usaha yang ada di desanya. Termasuk minimarket.

Namun, pembuatan surat tersebut justru menimbukan kegaduhan hingga terdengar oleh Camat Trucuk, Heru Sugiharto. Akhirnya camat itu memberikan teguran dan pembinaan kepada Huda.

"Sudah kami lakukan pembinaan dan teguran. Ya Pak Kades mengiyakan adanya surat proposal tersebut kan juga sudah dibatalkan," ujar Heru saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (4/5/2021).

Huda juga mengakui telah mendapat teguran dari camat setempat. Ia diminta lebih berhati-hati dalam bertindak dan terkait administrasi.

"Kemarin sempat ditegur ya dibina lah bahasanya untuk berhati-hati dalam bersikap, bekerja hingga terkait administrasinya," ujar Huda.

Kemudian Huda juga telah menarik kembali surat yang disebar ke 7 pelaku usaha termasuk minimarket. Sambil menarik surat permintaan bingkisan Lebaran itu, pihaknya memberikan surat yang menerangkan bahwa surat sebelumnya dibatalkan.

Sebelumnya diberitakan, sepucuk surat yang ditandatangani Kades Banjarsari beredar luas. Surat itu berisi permintaan bingkisan Lebaran (THR) ke para pengusaha.

Surat itu dibuat pada 26 April lalu dengan nomor 141/501/412.411.2001/2021. Surat tersebut ditujukan kepada pengusaha mini market di desa tersebut.

"Sehubungan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri, untuk itu mari kita hormati dan membangun kebersamaan antara perusahaan di lingkungan Banjarsari dan Pemerintah Desa Banjarsari. Kami memohon kepada perusahaan dan pengusaha yang berada di lingkungan Desa Banjarsari untuk sudi kiranya memberikan bingkisan hari raya atau dapat berupa uang tunai. Dengan jumlah kepala desa, perangkat desa (10 orang), BPD (9 orang), petugas kebersihan (3 orang), Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas (2 orang)," berikut isi surat yang beredar.

(sun/bdh)