Masjid Agung Al Hidayah Mirip Hagia Sophia Turki di Malang Habiskan Rp 8,5 Miliar

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 04:30 WIB
Masjid Agung Al Hidayah berdiri megah di Dusun Donowarih, Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Bangunan masjid ini mirip Hagia Sophia atau Aya Sofya, tempat ibadah di Istanbul, Turki.
Masjid Agung Al Hidayah mirip Hagia Sophia Turki (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Pembangunan Masjid Agung Al Hidayah di Dusun Donowarih, Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang mirip Hagia Sophia di Turki. Pembangunan masjid menghabiskan biaya sampai Rp 8,5 miliar.

Sekretaris Masjid Agung Al Hidayah, Anas Firdaus menyatakan, sumber dana pembangunan masjid terkumpul dari partisipasi masyarakat. Dan selama proses pembangunan memakan waktu hampir 10 tahun. Sementara luas area masjid adalah 20 x 30 meter.

"Selama pembangunan masjid sudah menghabiskan biaya kurang lebih Rp 6 miliar. Sumber dana dari masyarakat. Itu yang tercatat saja," beber Anas berbincang dengan detikcom, Selasa (4/5/2021).

Rencananya masjid juga memiliki menara setinggi 45 meter yang diperkirakan menelan anggaran Rp1,5 miliar. Saat ini menara sedang dalam proses pembangunan.

Masjid Al-Hidayah sendiri didirikan oleh Romo KH Ismail di masa sebelum kemerdekaan dan saat ini merupakan renovasi keempat kalinya. Bangunan diperbesar seiring semakin banyaknya jumlah warga muslim di sekitar lokasi masjid.

Arsitektur dan interiornya yang mirip dengan Hagia Sophia berhasil mengundang perhatian masyarakat luas. Mereka biasanya menyempatkan diri berfoto selfie, selain menjalankan ibadah salat lima waktu. Sering kali juga digunakan tempat ijab kabul (menikah) dan foto pranikah (prewed).

"Langganan untuk foto prewed. Sudah banyak pasangan yang akan menikah fotonya di sini. Jika tidak tahu memang seperti di Istanbul betulan," jelas Takmir Masjid Agung Al Hidayah Anas Firdaus.