Masjid Agung Al Hidayah Malang Bergaya Arsitektur Hagia Sophia Turki

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 03:22 WIB
Masjid Agung Al Hidayah berdiri megah di Dusun Donowarih, Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Bangunan masjid ini mirip Hagia Sophia atau Aya Sofya, tempat ibadah di Istanbul, Turki.
Masjid Agung Al Hidayah mirip Hagia Sophia Turki (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Surabaya -

Masjid Agung Al Hidayah berdiri megah di Dusun Donowarih, Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Bangunan masjid ini mirip Hagia Sophia atau Aya Sofya, tempat ibadah di Istanbul, Turki.

Terletak di tepi Jalan Raya Karangan, masjid melengkapi kubah besar dan menara tinggi menunjukkan kemegahan bangunan. Sementara warna kecokelatan dan ornamen yang khas membuat masjid sangat mirip Hagia Sophia.

Kubah utama didukung 16 kubah lebih kecil yang tersusun sedemikian rupa. Beberapa juga terlihat kubah separuh lingkaran yang berada di sudut-sudut puncak masjid. Masjid terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama digunakan untuk tempat wudhu dan kamar mandi, sementara lantai dua dan tiga digunakan untuk ruang salat serta kajian-kajian Islam.

Hingga saat ini pembangunan masjid masih berjalan dengan sumber dana sepenuhnya dari masyarakat. Masjid yang berada di komplek pesantren mulai dibangun tahun 2008 lalu.

Masjid Agung Al Hidayah berdiri megah di Dusun Donowarih, Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Bangunan masjid ini mirip Hagia Sophia atau Aya Sofya, tempat ibadah di Istanbul, Turki.Masjid Agung Al Hidayah mirip Hagia Sophia Turki/ Foto: Muhammad Aminudin

Saat memasuki Masjid Al Hidayah, disambut ukiran dan ornamen yang menarik dan layar televisi LED di area bawah bangunan. Kaligrafi-kaligrafi estetik menghiasi dinding dan kubah-kubah masjid. Desain kubah yang artistik serupa Hagia Sophia bikin siapa saja akan kagum melihatnya.

Tak hanya kubah, jendela, pintu masjid, hingga lampunya pun mirip dengan bangunan kuno peninggalan Kekaisaran Kristiani Bizantium di Istanbul.

Sekretaris Masjid Agung Al Hidayah, Anas Firdaus menjelaskan masjid ini empat kali direnovasi sejak dibangun pada masa penjajahan Belanda. Renovasi terakhir dimulai pada 2008 dan bertahan hingga kini.

Selanjutnya
Halaman
1 2